Selasa 22 Mar 2022 16:54 WIB

Raihan Podium di Kejurnas Gokart E Shark Rok Cup 2022 Jadi Modal Berharga Bagi Abyan Aqila

Abyan akan menjajal dua series kejuaraan dunia Gokart yang akan digelar di Italia.

Pembalap belia Tanah Air Abyan Aqila Kurniawan.
Foto: Dok. Crk
Pembalap belia Tanah Air Abyan Aqila Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putaran kedua Kejurnas Gokart bertajuk Eshark Rok Cup 2022 telah rampung digelar. Kejuaraan nasional tersebut dihelat pada 19-20 Maret 2022 di Sentul International Karting Cirkuit. Pembalap cilik berbakat Abyan Aqila Kurniawan sukses meraih podium pada kejuaraan gokart bergengsi tingkat nasional tersebut pada kelas entry level.

Putra pertama dari Moch. Chandra Kurniawan yang baru genap berusia delapan tahun ini tercatat cukup stabil sejak official practice, QTT hingga final. Bahkan, ia sempat mencatatkan rekor catatan waktu tercepat (fastest) pada dua sesi official practice dan pre final.

Baca Juga

Kejurnas Gokart Eshark Rok Cup musim balap 2022 dikuti oleh 60 pembalap yang berusia mulai dari enam hingga 17 tahun. Pembalap-pembalap muda tersebut terbagi dalam beberapa kelas yaitu Entry Level, Rookie, Junior Rok, Mini Rok, Cadet Rok, Senior Rok, dan Shifter 150.

Saat berlangsungnya race kedua, balapan sempat ditunda karena hujan deras. Hujan turun dari jam 1 siang hingga hingga pukul 3.30 sore WIB. Balapan akhirnya dimulai kembali setelah trek dinyatakan aman.

“Aku senang banget bisa juara 2 pada putaran kedua ini, dan makasih buat coach, mekanik dan semua yang sudah dateng tonton aku di balap kemarin," kata Abyan di Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Abyan yang memulai dari pole potition sempat mendominasi pertandingan dengan berada di posisi pertama selama enam putaran, namun sayang, di dua putaran terakhir, ia melakukan kesalahan di R1, sehingga tersusul oleh rivalnya, Travis Fisiano.

“Di lap keenam aku melakukan kesalahan di RI, terlalu terbuka saat cornering, dan akhirnya itu dimanfaatkan oleh Travis untuk menyalip, dan karena tinggal dua lap terakhir sudah tidak keburu untuk menyusulnya kembali,” ujar Abyan. 

Meskipun demikian, Abyan masih optimistis dapat meraih gelar juara nasional pada kelas entry level, terlebih ia menyebutkan bahwa pada race kemarin masih menggunakan mesin yang lama, sedangkan untuk menghadapi race berikutnya, ia sudah menyiapkan mesin yang baru.

“Kemarin juga aku pakai ban kering, sedangkan lintasan licin sekali karena habis hujan besar selama 1,5 jam, itu juga yang jadi sedikit Kendala pada race kemarin,” ujar Abyan.

Hasil ini merupakan Modal besar Abyan Aqila Kurniawan untuk  menghadapi dua series kejuaraan dunia Gokart yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang di Italia bersama tiga pembalap gokart lainnya asal Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement