Senin 20 Jun 2022 09:15 WIB

Klopp Jelaskan Alasan Boyong Bek Muda Seharga 6,5 Juta Poundsterling Ini ke Li

Ramsay akan menjadi pelapis sekaligus pesaing Alexander-Arnold.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Manajer Liverpool Jurgen Klopp.
Foto: AP/Manu Fernandez
Manajer Liverpool Jurgen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool telah menuntaskan perekrutan Calvin Ramsay dari Aberdeen, Ahad (19/6/2022) waktu setempat. Bek kanan berusia 18 tahun itu ditebus Liverpool dari Aberdeen dengan total nilai transfer mencapai 6,5 juta poundsterling. Kendati dalam pernyataan resminya, Liverpool tidak menyebut secara spesifik soal durasi kontrak Ramsay. 

Namun, berdasarkan lansiran Sky Sports, The Reds mengikat bek kanan asal Skotlandia itu dengan durasi kontrak selama lima tahun. Di skuad The Reds, Ramsay diketahui akan mengenakan nomor punggung 22. 

Baca Juga

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pun membeberkan sejumlah alasan terkait keputusan finalis Liga Champions musim ini tersebut mendatangkan Ramsay. Kendati baru berusia 18 tahun, Ramsay dinilai telah memiliki cukup pengalaman untuk tampil bersama tim utama. Belum lagi dengan kemampuan teknik yang dimiliki oleh penggawa timnas Skotlandia U-21 tersebut. 

''Dia memiliki segudang potensi. Dia mungkin baru menginjak usia 18 tahun, tapi dia sudah memiliki cukup pengalaman tampil di tim utama. Dia cukup atletis, cerdas, percaya diri, dan dilengkapi dengan teknik mumpuni. Jadi, begitu banyak hal positif (dalam perekrutan ini),'' ujar Klopp seperti dilansir laman resmi klub, Senin (20/6/2022). 

Pelatih asal Jerman itu menyebut, selama ini, Liverpool terbukti mampu menyediakan lingkungan yang tepat untuk pengembangan pemain-pemain muda. Harvey Elliot, Curtis Jones, dan Trent Alexander-Arnold menjadi contoh dari keberhasilan The Reds dalam mengembangkan talenta-talenta pemain muda. 

Kemampuan dalam mengembangkan pemain muda ini yang coba kembali diulangi dengan kehadiran Ramsay di tim utama The Reds. Klopp pun tidak ragu untuk segera menempatkan Ramsay di tim utama Liverpool dalam tur pra-musim. 

''Bisa merekrut pada awal bursa transfer menjadi keuntungan tersendiri. Artinya, dia sudah bisa bergabung dalam pra-musim. Hal ini sangat membantu, terutama buat rekrutan pemain muda,'' kata Klopp. 

Dipromosikan ke tim utama Aberdeen pada awal musim lalu, Ramsay langsung tampil impresif pada musim keduanya. Pada sepanjang musim ini, Ramsay telah merumput di 39 partai di semua ajang. Performa Ramsay pada musim penuh pertamanya membela Aberdeen langsung diganjar penghargaan pemain muda terbaik Liga Skotlandia versi penulis dan jurnalis olahraga Skotlandia. 

Dengan gelontoran nilai transfer mencapai 6,5 juta poundsterling dari Liverpool, Ramsay tercatat menjadi pemain termahal yang pernah dilepas Aberdeen dalam sejarah klub tersebut. Di tim utama Liverpool, Ramsay akan menjadi pelapis sekaligus pesaing Alexander-Arnold dalam perebutan posisi bek kanan. Ramsay pun menjadi rekrutan ketiga usai mendatangkan Darwin Nunez dari Benfica dan Fabio Carlvaho dari Fulham.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement