Rabu 16 Nov 2022 19:12 WIB

Berbatov Sebut Ada Kemiripan Antara Martinez dengan Vidic

Martinez merupakan salah satu rekrutan anyar MU pada musim ini.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Lisandro Martinez dari Manchester United (MU).
Foto: AP/Dave Thompson
Lisandro Martinez dari Manchester United (MU).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan penyerang Manchester United (MU) Dimitar Berbatov menilai ada kemiripan gaya permainan antara Lisandro Martinez dengan Nemanja Vidic. Sama-sama berposisi sebagai bek tengah, Martinez dan Vidic dinilai tidak kenal takut dan tidak mau berkompromi dalam mengamankan lini belakang MU. 

"Lisandro Martinez, saya rasa, dia tidak punya rasa takut. Benar-benar tidak punya rasa takut. Dia akan menjawab semua tantangan dan dalam beberapa hal, hal kecil, dia memgingkatkan saya kepada Vida (Nemanja Vidic). Dia rela melakukan apa pun, menempatkan badannya, dan mau bertarung demi kepentingan tim,'' ujar Berbatov seperti dilansir Manchester Evening News, Rabu (16/11). 

Baca Juga

Martinez merupakan salah satu rekrutan teranyar MU pada musim ini. Dengan banderol transfer dikabarkan mencapai 47 juta poundsterling, Martinez diboyong dari Ajax.  Pemain berusia 24 tahun itu sempat diragukan bisa bersaing dengan intensitas permainan di Liga Primer Inggris. Terlebih, dengan tinggi badan sekitar 1,74 meter, Martinez dinilai bakal kesulitan dalam memenangi duel-duel udara. Namun, bek Argentina perlahan mulai menunjukan peran pentingnya di jantung pertahanan Setan Merah. Martinez langsung dipercaya menjadi andalan pelatih Erik ten Hag di lini belakang. 

Bermain konsisten, Martinez mampu menggesar Harry Maguire di tim inti United. Martinez tercatat tidak pernah absen dan hanya sekali merumput sebagai pemain pengganti dalam 21 laga yang dilakoni Setan Merah pada semua ajang pada musim ini.  Ia langsung menjadi tandem yang cocok untuk Raphael Varane. 

Berbatov pun memuji penampilan Martinez tersebut. Menurut eks penyerang timnas Bulgaria itu, Martinez tidak pernah takut dalam menjawab tantangan yang dihadirkan lini serang tim lawan. Dalam sejumlah hal, Martinez mengingatkan Berbatov terhadap salah satu bek andalan United pada rentang waktu 2006 hingga 2014, Nemanja Vidic. 

Selama empat tahun membela United, tepatnya pada 2008 hingga 2012, Berbatov memang berbagi lapangan dengan Vidic. Dalam kesempatan membela Setan Merah, Berbatov menyumbangkan 56 gol dari 149 penampilan di semua ajang. Torehan dua gelar Liga Primer Inggris dan satu trofi Piala Liga Inggris dipersembahkan Berbatov untuk MU. Sementara, Vidic memiliki koleksi yang lebih banyak dibanding Berbatov. Bek tengah asal Serbia itu mempersembahkan lima trofi Liga Primer Inggris, tiga Piala Liga Inggris, dan satu gelar juara Liga Champions. Duet Vidic bersama Rio Ferdinand kerap dianggap sebagai duet bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Setan Merah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement