Rabu 01 Feb 2023 22:48 WIB

Sepak Bola Indonesia Berduka, Mantan Pelatih Timnas Benny Dollo Tutup Usia

Benny Dollo sudah lama menderita penyakit.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Benny Dollo (kedua kiri) saat berbicara kepada para pemain Sriwijaya FC.
Foto: Antara/Feny Selly
Benny Dollo (kedua kiri) saat berbicara kepada para pemain Sriwijaya FC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang dari sepak bola Tanah Air. Mantan pelatih timnas Indonesia Benny Dollo meninggal dunia. Kabar tersebut diketahui dari mantan pemain timnas Firman Utina di Instagram pribadinya.

Firman memposting gambar dirinya sedang bersama Bendol, sapaan Benny Dollo, dan sedang memegang trofi Copa Dji Sam Soe. Firman menunjukkan rasa dukanya melalui caption gambar tersebut.

Baca Juga

Mantan gelandang timnas ini merupakan sosok yang akrab dengan Bendol semasa bermain.  Di mana Bendol melatih, hampir selalu Firman diajak bersamanya.

“Selamat jalan om Beni Dollo,” tulis caption Firman Utina yang disertai emoji menangis.

Bendol menjalani perawatan di RSUD Tangerang Selatan pada Juli 2022. Selain terinfeksi Covid-19, ia juga menderita sejumlah penyakit yang menyebabkan penurunan pada kesehatannya seperti sesak nafas.  Berat badannya juga mengalami penurunan yang signifikan.  

Bendol juga memiliki riwayat penyakit tumor usus saat masih menjadi pelatih Sriwijaya FC. Karena penyakit tersebut berat badan Bendol mengalami penurunan yang sangat drastis.

Bendol salah satu pelatih sukses bersama sejumlah klub di Indonesia. Arema Indonesia, Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar salah satu tim besar Indonesia yang pernah dia latih. Selain itu, ia juga pernah menjadi pelatih timnas Indonesia.

Dalam kariernya sebagai pelatih, ia pernah mempersembahkan juara divisi satu Liga Indonesia 2004 dan Copa Indonesia pada 2005 dan 2006 bersama Arema Indonesia. Bersama Persita Tengerang, Bendol mempersembahkan juara 2 Liga Indonesia 2002. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement