Sabtu 25 Mar 2023 17:19 WIB

Diturunkan Saat Swedia Kalah dari Belgia, Ibrahimovic Lompati Rekor Dino Zoff

Jika Ibrahimovic tampil di Euro 2024, maka ia akan menjadi pemain tertua di sana.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Striker timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic.
Foto: EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI
Striker timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLNA -- Striker Swedia Zlatan Ibrahimovic menjadi salah satu pemain tertua yang memperkuat tim nasional (timnas) pada usia 41 tahun 172 hari kala Swedia kalah 0-3 dari Belgia dalam kualifikasi Euro 2024 Grup F, di Stadion Friends Arena, Solna, Sabtu (25/3/2023) dini hari WIB. Dilansir dari Dailymail, ia mengalahkan catatan mantan pemain kiper Italia Dino Zoff yang bermain di usia 40 tahun dan 90 hari di kualifikasi Euro 1983.

Kendati demikian, Ibrahimovic bukanlah pemain tertua karena masih terpaut empat hari di bawah pemain Gibraltar Lee Casciaro yang menjadi starter saat kalah 0-3 dari Yunani di Grup B. Casicaro memang sudah biasa mencatatkan rekor. Penyerang Lincoln Red Imps itu memegang rekor gelar terbanyak di satu klub yakni 57 gelar sekaligus pencetak gol terbanyak saat ini untuk negaranya dengan tiga gol.

Baca Juga

Ibrahimovic masuk menggantikan pemain Newcastle United Alexander Isak di 13 menit tersisa waktu normal. Penampilan tersebut adalah yang ke-122 kalinya bersama timnas Swedia. Namun pemain veteran milik AC Milan itu tak mampu memberikan perubahan kepada tim.

Ibrahimovic melakukan debutnya di timnas Swedia pada tahun 2001 bahkan sebelum rekan senegaranya Anthony Elanga lahir dan telah mencetak 62 gol yang menjadikannya pencetak gol terbanyak untuk negaranya. Awal pekan kemarin, Ibrahimovic yang mencetak gol dalam kekalahan AC Milan 1-3 dari Udinese menjadikan namanya sebagai pemain tertua yang mencetak gol dalam sejarah Serie A Liga Italia.

Mantan pemain Barcelona itu baru saja kembali dari cedera ligament anterior yang dideritanya selama enam bulan pada musim lalu. Tetapi ia turut menjadi bagian penting dari AC Milan yang meraih scudetto Serie A. Ia kemudian menjalani operasi musim panas lalu.

Sekarang kondisi Ibrahimovis sudah membaik dan siap menjaga asa Milan finis di empat besar Serie A. Ibrahimovic juga berpotensi meloloskan Swedia ke Euro 2024.

Jika Ibrahimovic tampil di Euro 2024, maka ia akan menjadi pemain tertua di kompetisi tersebut dan akan menyalip catatan Gabor Kiraly dari Hungaria yang tampil di usia 40 tahun dan 74 hari pada 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement