Senin 08 May 2023 11:48 WIB

SEA Games Makin tak Jelas, Cabor dan Atlet Suka-Suka karena Tuan Rumah Ingin Juara

Kamboja saat ini memuncaki daftar perolehan medali di SEA Games 2023.

Upacara pembukaan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-32 (SEA Games 32) di Stadion Nasional Morodok Techo di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023). SEA Games 32 akan berlangsung dari 05 hingga 17 Mei 2023.
Foto:

Atlet Pun Suka-suka, Tanpa Batasan Naturalisasi

Selain cabor yang suka-suka tuan rumah, kini banyak atlet naturalisasi. Untuk kasus ini sepengetahuan penulis, era 90-an sudah terjadi. Saat itu sejumlah atlet tenis meja Singapura banyak yang didatangkan dari China, sehingga negeri terkecil di Asia Tenggara ini mendominasi nomor tenis meja. 

Namun naturalisasi makin merajalela di SEA Games 2023 dan hampir tak masuk di akal. Tuan rumah benar-benar memanfaatkan tidak adanya aturan pembatasan atlet naturalisasi. Kamboja menaturalisasi sejumlah atlet pada pengujung November 2022, hanya demi SEA Games 2023.

Yang sudah terlihat hasilnya adalah dari basket 3x3 putra Kamboja membuat kejutan dengan meraih medali emas di SEA Games 2023 usai di laga final mengalahkan Filipina dengan skor 20-15.

Pada ajang ini Kamboja tampil dengan pemain tiga naturalisasi mereka yakni Brandon Jerome Peterson, Darrinray Dorsey, dan Sayeedalkabir Pridgett. Hanya satu pemain yang merupakan asli dari Kamboja, yakni Tep Chhorath. Namun, ia jarang sekali dimainkan.

Tiga pemain itu juga nantinya akan main di basket 5x5 yang dipastikan akan mendongkrak kekuatan Kamboja. Padahal sebelumnya Kamboja selalu menjadi bulan-bulanan di cabang basket.

Di cabor Triatlon, Kamboja juga memakai pemain naturalisasi. Menurut manajer timnas Triatlon Indonesia Dika Chrisna Irzandi, Kamboja telah merekrut dua atlet baru asal Prancis yang telah pindah kewarganegaraan untuk tampil pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut. Mereka adalah atlet putra Mickael Choumond berusia 33 tahun dan atlet putri Margot Garabedian yang saat ini berusia 28 tahun. Nama terakhir menyumbang emas hari ini.

Dari cabang Judo, Kamboja juga akan diperkuat tiga atlet dari Ukraina. Ketiga atlet dari Ukraina ini, menurut informasi, bertarung memperebutkan tiga medali emas dalam edisi SEA Games kali ini.

Di cabang tinju pun tak jauh beda. Ada tiga petinju tuan rumah dari Kuba dan Uzbekistan. Hengky Silatang, manajer tinju Indonesia diSEA Games 2023 ketika dihubungi Republika.co.id, membenarkan adanya petinju tuan rumah yang merupakan atlet naturalisasi. "Iya betul, tapi fokus ke diri sendiri saja, kita siap tempur lawan siapa pun."

Pelatih Basket 3x3 Putra Fandi Andika Ramadhani terkena imbas langsung sejumlah pemain naturalisasi di basket yang tidak ada batasan. Sehingga dengan kekuatan pemain lokal, gagal meraih medali. Rama sapaan akrabnya kepada Republika.co.id berharap, ada aturan yang membatasi pemain naturalisasi.

"Iya, baiknya sih begitu ya (dibatasi) jadi ajang SEA Games benar-benar murni untuk pemain lokal yang bertanding. Tapi kan itu semua tergantung dari hosting atau penyelenggara," kata dia.

Djoko Pekik juga sepakat pembatasan pemain naturalisasi, "Bagus kalau dibatasi, jadi kita betul berkompetisi antara negara bukan cari menang semata dengan berbagai cara termasuk memperbanyak naturalisasi," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement