Sabtu 03 Jun 2023 07:41 WIB

Xavi Ungkap Lionel Messi akan Putuskan Masa Depannya Pekan Depan, Balik ke Barcelona?

Messi diyakini bisa langsung beradaptasi bersama Barcelona.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Lionel Messi Paris Saint-Germain (PSG).
Foto: AP
Lionel Messi Paris Saint-Germain (PSG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, mengatakan bahwa Lionel Messi akan memutuskan di mana ia akan melanjutkan karirnya pekan depan. Xavi mengungkapkan, Barca masih tertarik untuk merekrut sang penyerang jika ia memilih untuk kembali.

Messi akan memainkan pertandingan terakhirnya untuk Paris Saint-Germain pada Ahad (4/6/2023) dini hari WIB sebelum meninggalkan juara Prancis itu sebagai pemain bebas agen setelah dua tahun di Paris.

Baca Juga

ESPN melaporkan pada bulan April bahwa Messi sedang mempertimbangkan tawaran yang cukup besar dari tim Arab Saudi, Al Hilal, meskipun ayahnya, Jorge, membantah laporan bahwa ia telah menyetujui kesepakatan.

Tim Major League Soccer, Inter Miami dan Barca juga tertarik dengan tanda tangannya.

"Pekan depan dia akan membuat keputusan dan Anda [media] harus membiarkannya sendiri," kata Xavi, yang pernah bermain bersama Messi di Barca dan berbicara dengannya secara teratur, kepada El Mundo Deportivo.

"Dia akan memutuskan pekan depan dan sekarang ada 200 hipotesis. Dia akan memutuskan masa depannya dan di sini pintunya terbuka, tidak ada perdebatan. Dia akan mengakhiri musim di sana (PSG). Dia sangat menghormati Paris Saint-Germain. Dia ingin menyelesaikannya dengan cara terbaik. Kontraknya berakhir dan kemudian, dia memiliki semua hak di dunia untuk mengatakan ke mana dia pergi, di mana dia akan mengakhiri kariernya."

Messi menghabiskan 21 tahun di Barca dan membantu klub memenangkan 35 trofi, tetapi hengkang ke PSG pada Agustus 2021 karena krisis keuangan klub.

Penyerang Argentina itu telah menyumbangkan 21 gol dan 20 assist untuk PSG di semua kompetisi musim ini. "Saya pikir dia memiliki kemampuan untuk terus bermain di level tinggi dan jika dia datang ke Barca, yang diinginkan oleh sebagian besar atau semua orang Katalan, terutama pelatih, pintunya terbuka," kata Xavi. "Saya yakin bahwa itu akan berjalan dengan baik," ucapnya.

Pada bulan Desember, Messi menjadi kapten Argentina untuk meraih gelar Piala Dunia 2022, mengakhiri penantiannya akan satu-satunya penghargaan besar yang belum pernah diraih dalam kariernya.

Dia kemudian dinobatkan sebagai pesepak bola pria terbaik tahun ini di The Best FIFA Football Awards pada bulan Februari - untuk kedua kalinya dia memenangkan penghargaan tersebut, menambah rekor tujuh trofi Ballon d'Or.

"Saya tidak memiliki keraguan bahwa dia dapat membantu kami dalam hal sepak bola," tambah Xavi.

"Dia memiliki kepercayaan diri dan antusiasme yang tinggi dari para staf [Barca]. Saya melihat bahwa ia dapat banyak membantu kami, saya pikir kami kekurangan talenta di sepertiga akhir [lapangan] dan Leo selalu memberikan itu," ungkapnya.

Menyusul kepergian Sergio Busquets dan Jordi Alba bulan ini, Xavi mengatakan dia yakin Barca akan sangat diuntungkan dengan memiliki Messi yang kembali memimpin tim.

"Dia akan beradaptasi dengan sempurna dengan situasi yang ada. Dia telah menjadi kapten klub ini. Dia telah menjadi pemain terbaik dalam sejarah dan tentu saja di klub ini."

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement