Sabtu 24 Jun 2023 08:21 WIB

Sejarah Piala Dunia U-17, Dari Singapura untuk Dunia

Singapura menginspirasi FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-17 pada 1985.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.
Foto:

''FIFA akhirnya mengadopsi konsep turnamen kategori umur tersebut dan menginisiasi turnamen kategori umur sendiri dengan meluncurkan Piala DUnia U-16. Namun, untuk edisi pertama turnamen tersebut, yang digelar pada 1985, FIFA tidak menunjuk Singapura sebagai tuan rumah, melainkan Cina,'' lanjut laporan Strait Times tersebut.

Setelah turnamen itu digelar di tiga edisi awal, FIFA akhirnya meningkatkan batas usia dari 16 tahun menjadi 17 tahun. Dengan begitu, terhitung sejak 1991, turnamen tersebut disebut Piala Dunia U-17. Turnamen ini sekaligus menjadi level terbawah turnamen kategori umur yang berada di bawah kendali FIFA dengan embel-embel nama Piala Dunia FIFA, di bawah Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia.

Terlepas dari berbagai manuver politik, terutama yang dilakukan FIFA, dalam sejarah pembentukannya, Piala Dunia U-17 kerap dianggap sebagai titian pertama para calon bintang sepak bola pada masa mendatang untuk bersaing di level lebih tinggi. Turnamen ini sekaligus menjadi kawah candradimuka pertama buat calon peepakbola profesional dengan menghadapi lawan-lawan dari berbagai belahan dunia lain.

Begitu pula sebagai ajang buat federasi sebuah negara dalam mengevaluasi kemampuan timnas junior hingga akhirnya bisa menyuplai pemain-pemain ke jenjang tim nasional yang lebih senior. Ide awal dari Ganesan soal pembentukan turnamen Lion City Cup, yang menginisiasi pembentukan Piala Dunia U-17, pun benar-benar terbukti.

Hingga kini, turnamen yang digelar tiap dua tahun sekali itu telah menginjak edisi ke-19. Brasil menjadi negara terakhir yang mampu merengkuh titel Piala Dunia U-17, tepatnya di edisi 2019. 

Tidak hanya menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara, Indonesia juga bakal menjadi tuan rumah pertama turnamen tersebut setelah sempat vakum selama empat tahun akibat pandemi Covid-19.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلْيَسْتَعْفِفِ الَّذِيْنَ لَا يَجِدُوْنَ نِكَاحًا حَتّٰى يُغْنِيَهُمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖ ۗوَالَّذِيْنَ يَبْتَغُوْنَ الْكِتٰبَ مِمَّا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ فَكَاتِبُوْهُمْ اِنْ عَلِمْتُمْ فِيْهِمْ خَيْرًا وَّاٰتُوْهُمْ مِّنْ مَّالِ اللّٰهِ الَّذِيْٓ اٰتٰىكُمْ ۗوَلَا تُكْرِهُوْا فَتَيٰتِكُمْ عَلَى الْبِغَاۤءِ اِنْ اَرَدْنَ تَحَصُّنًا لِّتَبْتَغُوْا عَرَضَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۗوَمَنْ يُّكْرِهْهُّنَّ فَاِنَّ اللّٰهَ مِنْۢ بَعْدِ اِكْرَاهِهِنَّ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sampai Allah memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan jika hamba sahaya yang kamu miliki menginginkan perjanjian (kebebasan), hendaklah kamu buat perjanjian kepada mereka, jika kamu mengetahui ada kebaikan pada mereka, dan berikanlah kepada mereka sebagian dari harta Allah yang dikaruniakan-Nya kepadamu. Dan janganlah kamu paksa hamba sahaya perempuanmu untuk melakukan pelacuran, sedang mereka sendiri menginginkan kesucian, karena kamu hendak mencari keuntungan kehidupan duniawi. Barangsiapa memaksa mereka, maka sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang (kepada mereka) setelah mereka dipaksa.

(QS. An-Nur ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement