Kamis 06 Jul 2023 00:17 WIB

Ricky Rubio dan Hernangomez Bersaudara Masuk Daftar 16 Pemain Spanyol untuk FIBA World Cup

Spanyol tergabung di Grup G dan akan bertanding di Indonesia Arena, Jakarta.

Ricky Rubio, pemain Cleveland Cavaliers yang akan jadi andalan Spanyol di FIBA World Cup 2023 Jakarta.
Foto: EPA-EFE/ANDY WONG
Ricky Rubio, pemain Cleveland Cavaliers yang akan jadi andalan Spanyol di FIBA World Cup 2023 Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional basket Spanyol Sergio Scariolo telah mengumumkan daftar 16 pemain, yang akan diproyeksikan berlaga di FIBA World Cup 2023 Jakarta. Spanyol tergabung di Grup G bersama Brasil, Pantai Gading, dan Iran yang akan bertanding di Indonesia Arena, Jakarta.

Dari daftar yang diumumkan pada Rabu (5/7/2023), ada sederet pemain yang sebelumnya membawa Spanyol juara FIBA World Cup 2019 di Cina, yakni Ricky Rubio dan Hernangomez bersaudara. Pemain Memphis Grizzlies, Santi Aldama, berpeluang mencatatkan debutnya di tim nasional senior pada kompetisi resmi FIBA. 

Baca Juga

Namun, tak ada nama Lorenzo Brown, guard klub Maccabi Tel Aviv yang membantu Spanyol juara EuroBasket 2022. Brown dalam kondisi yang tak prima dalam masa persiapan Spanyol sehingga tercoret.

Dari 16 pemain ini, terdapat tiga pemain NBA, yaitu Santi Aldama, Ricky Rubio, dan Usman Caruba, serta dua pemain yang baru habis kontraknya dengan tim NBA, yakni Willy Hernangómez dan Juancho Hernangómez. 

Dari daftar ini akan diambil 12 nama sebagai roster akhir yang akan berlaga di Jakarta. Diperkirakan, sembilan pemain sudah mengamankan posisinya dalam tim. Ini berarti tujuh pemain sisanya akan bertarung habis-habisan pada waktu tersisa untuk masuk ke dalam roster akhir.

Willy Hernangomez (MVP Eurobasket terakhir), Juancho Hernangómez (pemain terbaik di final Eurobasket dan aktor film Hustle) dan Ricky Rubio (MVP World Cup 2019) hampir pasti tak akan tergusur. Rubio hanya memainkan 33 pertandingan bersama Cavaliers setelah menghabiskan 12 setengah bulan untuk penyembuhan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) lutut kanan, tapi tampil menjanjikan.

Santi Aldama, center muda berusia 22 tahun yang berpostur 2,12 meter, juga tampaknya aman. Pemain yang dua tahun bergabung dengan Memphis Grizzlies ini mencatatkan rata-rata menit bermain sebanyak 21,8 menit, 9,0 poin per game, 4,8 rebound per game, dan 1,3 assist per game.

Usman Garuba, yang baru-baru ini ditukar dari Houston Rockets ke Atlanta Hawks, Rudy Fernandez, Sergio Llull, dan Victor Claver juga kemungkinan masuk roster final. Sementar Alex Abrines yang menjalani musim bagus bersama Barcelona, dan spesialis pertahanan Alberto Diaz juga susah digusur.

Absennya Lorenzo Brown memberikan peluang kepada Jaime Fernandez untuk masuk dalam daftar nama terakhir. Namun, ia harus berjuang keras bersaing dengan para pemain lainnya.

Daftar Nama Pemain Timnas Spanyol Proyeksi FIBA World Cup 2023

Willy Hernangómez (ex-New Orleans Pelicans)

Juancho Hernangómez (ex-Toronto Raptors)

Santi Aldama (Memphis Grizzlies)

Ricky Rubio (Cleveland Cavaliers)

Usman Garuba (Atlanta Hawks)

Rudy Fernández (Real Madrid)

Sergio Llull (Real Madrid)

Alberto Díaz (Unicaja)

Darío Brizuela (Unicaja)

Jaime Fernández (Unicaja)

Álex Abrines (Barcelona)

Jaime Pradilla (Valencia Basket)

Joel Parra (Joventut)

Víctor Claver (Valencia)

Alberto Abalde (Real Madrid)

Sebas Saiz (Alvark Tokyo).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement