Selasa 05 Sep 2023 23:57 WIB

Bogdanovic Dedikasikan Kemenangan di FIBA World Cup Bagi Rekan yang Kehilangan Ginjal

Serbia mengalahkan Lithuania 87-76 di perempat final FIBA World Cup.

Pemain Serbia Bogdan Bogdanovic (kiri) menghadapi Mindaugas Kuzminskas dari Lithuania di perempat final FIBA World Cup 2023,
Foto: EPA-EFE/ROLEX DELA PENA
Pemain Serbia Bogdan Bogdanovic (kiri) menghadapi Mindaugas Kuzminskas dari Lithuania di perempat final FIBA World Cup 2023,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Serbia Bogdan Bogdanovic mendedikasikan kemenangan timnya yang memperoleh tiket semifinal Piala Dunia FIBA 2023 untuk rekan satu timnya yaitu Borisa Simanic, yang kehilangan ginjal dalam salah satu pertandingan dalam kompetisi.

"Rekan kami yang masih bersama kami, Borisa Simanic, memberikan kami energi yang luar biasa," kata Bogdanovic yang menjadi top skorer dalam laga perempat final melawan Lithuania yang berakhir dengan skor 68-87 di Manila Filipina, Selasa.

Baca Juga

Bogdanovic yang mencetak 21 angka pada laga melawan Lithuania mengatakan dirinya sangat gugup sebelum pertandingan. Terlebih lagi, ia kerap kali kalah saat berhadapan dengan Lithuania sejak usianya masih muda.

"Saya melihat pesan dari Borisa, ia berkata 'Kawan-kawan, saya baik-baik saja, tidak usah cemas. Ayo raih kemenangan malam ini!"

"Dia hanya memikirkan kami setelah semua yang dia alami (kehilangan ginjal), dia menyatukan kami, dia luar biasa. Dan kemenangan ini untuknya," kata Bogdanovic yang merupakan pemain klub NBA Atlanta Hawks.

Pemain Serbia Borisa Simanic harus kehilangan satu ginjalnya karena disikut pemain Sudan Selatan, Nuni Omot, pada pertandingan babak penyisihan grup Piala Dunia FIBA di Manila Filipina, 30 Agustus.

Bagian ulu hati Simanic disikut oleh Omot, saat pemain Serbia itu sedang mempertahankan keranjangnya. Simanic langsung terjongkok seusai kejadian itu dan tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Ia menjalani dua kali operasi. Tindakan yang terakhir memaksanya untuk kehilangan ginjal akibat insiden itu.

Serbia lolos ke semifinal Piala Dunia FIBA 2023 dan akan berhadapan dengan pemenang dari pertandingan perempat final antara Kanada melawan Slovenia yang akan dilangsungkan Rabu (6/9), demikian laporan FIBA melalui laman resminya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement