Jumat 08 Sep 2023 19:02 WIB

Menpora: Semua Cabang Olahraga Berpotensi Raih Prestasi di Asian Games

Indonesia memasang target 12 medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo.
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengatakan, semua cabang olahraga (cabor) yang mewakili Indonesia di ajang multicabang tahun ini seperti Asian Games 2022 Hangzhou Cina memiliki potensi untuk dapat berprestasi gemilang.

“Pastinya semua cabang olahraga punya potensi. Kita di Kemenpora juga punya tim review untuk persiapan (jelang Asian Games 2022). Deputi prestasi olahraga dan kabid di Kemenpora ini pasti exercise per detail masalah terkait potensi-potensinya,” kata Menpora Dito saat dijumpai di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga

Hal itu disampaikan Menpora Dito usai muncul kekhawatiran mengenai turunnya prestasi di beberapa cabang olahraga andalan Indonesia jelang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Terlebih, Indonesia juga memiliki potensi kehilangan medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou, Cina, yang akan bergulir pada 23 September hingga 8 Oktober.

Berkurangnya potensi medali tersebut disebabkan tidak dipertandingkannya cabang-cabang olahraga unggulan yang membuat Indonesia duduk di peringkat keempat Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, yang saat itu berhasil mengoleksi 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Oleh karenanya, Dito juga menekankan perlunya antisipasi untuk menghadapi potensi itu di Hangzhou.

“Apakah (ada prestasi cabang olahraga) yang turun? Nanti akan kita evaluasi dan berikan arahan, program-program yang bagaimana bisa menunjang prestasi itu kembali diraih,” ujar Menpora.

Sementara itu, kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou akan diperkuat oleh 415 atlet dan 161 ofisial, dan untuk Asian para Games (APG), skuad Merah Putih memberangkatkan 134 atlet dan 62 ofisial.

Sedangkan untuk target medali pada Asian Games 2022, Menpora Dito menjelaskan memasang target 12 medali emas dan kontingen Indonesia diharapkan dapat menduduki posisi delapan besar.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement