Jumat 08 Nov 2013 23:41 WIB

Kidal, Messi Dinilai Lebih Hebat Ketimbang Ronaldo

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan)
Foto: AP
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID,  MADRID -- Lionel Messi dinilai lebih hebat ketimbang Cristiano Ronaldo. Pernyataan itu didapat dari hasil penelitian yang dilakukan tiga kampus ternama di Inggris.

Tiga kampus itu melakukan penelitian ilmiah di dunia sepak bola. Menggandang institusi dari Australia, Universitas Oxford, St Andrews, dan Bristol, penelitian itu mencoba mengkomparasi permainan megabintang Barcelona dan superstar Real Madrid.

Hasilnya cukup unik. Kesimpulannya adalah Messi lebih baik daripada CR7. Alasannya bintang Tango itu memiliki gen yang membuatnya semakin kreatif dan terus melakukan inovasi di lapangan ketimbang Ronaldo.

Hasil penelitian itu juga menunjukkan pemain yang mengandalkan kaki kiri, memiliki keunggulan atas pemain lain yang menjadikan kaki kanannya sebagai senjata menaklukkan kiper.

Beberapa pemain kidal yang memiliki kemampuan luar biasa, di antaranya adalah Messi, Diego Maradona, Gareth Bale, David Silva, dan Ryan Giggs. Masih terdapat sederet nama bintang top lainnya yang bisa mendukung teori itu. Artinya, kemampuan kaki kiri bisa digunakan untuk menyihir bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement