Sabtu 29 Aug 2015 12:44 WIB

Robben Gantikan van Persie Jabat Kapten Timnas Belanda

Rep: c93/ Red: Hazliansyah
Robin van Persie memeluk Arjen Robben usia mencetak gol.
Foto: Rtlnieuws
Robin van Persie memeluk Arjen Robben usia mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Gelandang sayap Bayern Muenchen Arjen Robben resmi menjabat kapten tim nasional Belanda, menggantikan Robin van Persie.

Pernyataan tersebut diungkapkan Danny Blind, pelatih yang baru saja menggantikan Guus Hiddink. Pelatih berusia 54 tahun tersebut merasa membutuhkan pemimpin tim yang lebih sering bermain sebagai pemain inti di klub.

Menurutnya hal itu akan sangat berpengaruh pada permainan anak asuhnya, terlebih menjelang dua pertandingan penting pada kualifikasi Piala Eropa Grup A melawan Islandia dan Turki.

"Saya membuat pilihan ini berdasarkan keterampilan sepak bola mereka," kata Blind pada situs resmi federasi sepakbola Belanda, seperti dilansir dari ESPN, Sabtu (29/8).

Blind melanjutkan, dari segi permainan, keduanya sama-sama pemain bagus. Hanya saja mereka memiliki kepribadian yang berbeda. Tetapi, mantan pelatih Ajax Amsterdam itu merasa Robben lebih cocok memimpin timnya di lapangan saat ini.

"Mereka memiliki dua kepribadian yang berbeda dan sekarang aku butuh pemimpin seperti Robben di lapangan," tambah Blind.

Sementara itu Robben merasa tersanjung atas kepercayaan yang diberikan sang pelatih.

"Ini suatu kehormatan besar yang diberikan pelatih kepada saya untuk menjadi kapten dan akan menjalankan peran ini dengan sangat bangga dan tanggung jawab," kata Robben.

Begitu pun van Persie yang mengaku menghormati keputusan pelatih. Meski hanya menjabat wakil kapten, dia masih merasa bangga dan berjanji memberikan segala yang dia bisa demi negara.

"Saya telah berbicara sangat baik dengan pelatih dan mendukunya untuk memilih kapten sendiri dalam proyek baru ini," kata striker Fenerbahce tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement