Senin 07 Nov 2016 01:11 WIB

Liverpool Gusur Chelsea di Puncak Klasemen Liga Primer Inggris

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Roberto Firmino (kiri) merayakan golnya ke gawang Watford bersama Philippe Coutinho.
Foto: REUTERS/Phil Noble
Roberto Firmino (kiri) merayakan golnya ke gawang Watford bersama Philippe Coutinho.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool berhasil menggilas Watford dengan skor telak 6-1 dalam laga ke-11 Liga Primer Inggris di Anfield, Ahad (6/11). Hasil ini mengantarkan Liverpool menggusur Chelsea dari puncak klasemen.

The Reds untuk bertengger di puncak klasemen dengan nilai 26, unggul satu angka atas Chelsea di posisi kedua. City dan Arsenal mengikuti dengan nilai 24. Adapun Watford turun satu tingkat ke posisi delapan dengan nilai 15.

Enam gol milik the Reds disumbangkan oleh Sadio Mane (27 dan 60'), Coutinho (30'), Emre Can (43'), Robert Firmino (57') serta Georginio Wijnaldum (90'). Sedangkan the Hornest hanya mampu meraih satu gol melalui Darly Janmaat (75'). 

Liverpool yang mendominasi sejak awal baru bisa membuka keunggulan pada menit ke27 lewat tandukan Mane memanfaatkan situasi sepak pojok. Liverpool menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 tiga menit berselang lewat bangunan serangan nan apik saat umpan Firmino disambut Coutinho dengan sentuhan pendek ke arah tengah sebelum melepaskan tendangan rendah dari tepian kotak penalti yang tak mampu dihalau Gomes.

Gol itu bahkan memaksa Gomes dipapah meninggalkan lapangan karena mengalami cedera lutut saat berupaya menghalau bola tendangan Coutinho. Padahal Gomes telah mengawal gawang Watford dalam 77 laga Liga Inggris terakhir.

Penggantinya, Costel Pantilimon, tak bernasib baik karena harus kebobolan hanya 10 menit setelah berada di bawah mistar gawang Hull. Gol ketiga Liverpool itu tercipta pada menit ke-43 berawal dari sebuah serangan balik yang berakhir dengan umpan lambung Adam Lallana ke dalam kotak penalti yang disambut tandukan Can.

Milner hampir memperbesar lagi keunggulan Liverpool pada pengujung babak pertama lewat tendangan bebasnya yang mengarah ke sudut tiang dekat namun bisa ditampik oleh Pantilimon.

Memasuki babak kedua Liverpool langung nyaris menambah gol saat partai baru berjalan empat menit. Akan tetapi, sepakan jarak jauh yang coba ditembakkan Coutinho ternyata masih melebar.

Dua menit berselang, giliran Watford yang mengancam gawang Liverpool. Capoue mengirim bola kepada Ighalo yang berdiri di dalam kotak penalti The Reds. Sayang, tembakan Ighalo masih mampu diamankan Karius.

Merseyside Merah kembali mencetak gol pada menit ke-57. Kali ini giliran Firmino yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol bermula dari kerja sama Milner dan Lallana. Lallana pun mengumpan bola yang langsung dikonversi menjadi gol oleh Firmino.

Baru tiga menit berselang, Anfield Gank mampu mengubah skor menjadi 5-0. Mane kembali mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan luar biasa yang diberikan Firmino.

Keunggulan 5-0 membuat Liverpool mulai menurunkan tempo permainan. Sayangnya, hal tersebut justru membuat Watford mampu menghadirkan lebih banyak ancaman ke lini pertahanan mereka.

Benar saja, Watford akhirnya mampu mencetak gol ke gawang Liverpool. Gol Watford terjadi di menit 75 melalui sepakan Daryl Janmaat. Gol bermula dari pergerakan Nordin Amrabat yang mengirim umpan kepada Janmaat. Umpan ini mampu dimaksimalkan dengan baik hingga akhirnya mampu menaklukkan kiper Liverpool, Loris Karius.

Memasuki lima menit jelang berakhirnya waktu normal, Liverpool membanjiri lini belakang Watford dengan berbagai ancaman. Daniel Sturridge yang masuk menggantikan Lallana berkali-kali mengancam gawang the Hornets.

Akhirnya Liverpool kembali menambah keunggulan pada injury time. Giliran bek Georginio Wijnaldum yang mencetak gol ke gawang tamunya. Gol bermula dari kerja sama yang dilakukan Ejaria, Nathaniel Clyne, dan Sturridge. Bola mentah hasil sepakan Sturridge yang ditepis kiper Watford mampu dikonversi jadi gol oleh Wijnaldum. Liverpool unggul 6-1.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement