Kamis 25 Oct 2018 18:23 WIB

Jenuh dengan Sepakbola, RvP Berencana Pensiun di Akhir Musim

Robin van Persie 18 tahun aktif di dunia sepakbola

Rep: Febrian Fachri / Red: Hazliansyah
Robin van Persie
Foto: REUTERS/Jason Cairnduff
Robin van Persie

REPUBLIKA.CO.ID, FEYENORD -- Striker legendaris timnas Belanda Robin van Persie mengatakan akan menjadikan musim ini sebagai penghujung kariernya sebagai pemain sepak bola profesional. Van Persie merasa sudah saatnya gantung sepatu setelah 18 tahun aktif sebagai pemain sepak bola.

"Kapan saya harus berhenti? Akhir musim ini," kata RvP, dikutip dari AS, Kamis (25/10).

Van Persie kembali memperkuat klub lamanya Feyenord Rotterdam sejak Januari 2018 ini. Sebelumnya ia memperkuat klub Liga Turki Fenerbahce sejak 2015.

Van Persie bahagia bisa kembali membela Feyenord. Klub pertama dalam karier profesionalnya dalam rentang 2001 sampai 2004. Tapi pulang ke Feyenord hanya memberikan sensasi reuni buat RvP.

Usianya yang sudah menginjak 35 tahun membuat RvP merasa sudah tidak kuat lagi terus menerus bertanding dengan level tinggi. Ia tidak lagi punya gairah seperti masih muda dulu.

RvP juga merasa jenuh karena tidak pernah lepas dari sepakbola sejak berusia lima tahun. Sekarang ia ingin punya waktu lebih bersama keluarga dan melakukan hal-hal lain di luar sepak bola.

"Saya telah kehilangan kesenangan dengan sepakbola," ujar RvP.

photo
Robin Van Persie

Tapi sebelum pensiun, RvP berkeinginnan membawa Feyenord meraih trofi juara. Musim lalu ia berhasil membawa Feyenord juara Piala Belanda. Musim ini ia berharap mampu membawa klubnya itu juara di Eredivisie.

RvP meroket sejak memperkuat Arsenal sejak 2004 sampai 2012. Sayangnya di Arsenal ia hanya memenangkan satu Piala FA. RvP baru merasakan gelar Liga Primer Inggris setelah pindah ke Manchester United di musim 2012-2013.

RvP dua kali memenangkan sepatu emas Liga Inggris. Pertama di musim 2011-2012 bersama Arsenal dan musim berikutnya bersama MU. Kesuburan RvP juga melegenda bersama timnas Belanda. Sampai sekarang, nama Robin van Persie masih tercatat sebagai top skorer sepanjang masa tim Oranye dengan 50 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement