Jumat 26 Oct 2018 05:40 WIB

5 Bintang Lapangan Hijau yang Sukses di Dunia Pendidikan

Pendidikan tinggi formal para pesepak bola lebih banyak terabaikan.

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Pemain Timnas Italia Giorgio Chiellini
Foto:

Juan Mata 

Saat bergabung dengan Chelsea pada 2011, Juan Mata memenangkan Liga Champions UEFA pada musim debutnya. Mata memainkan peran yang sangat penting untuk the Blues. Dengan perawakan yang pendek, ia menonjol pada kemampuan dribbling dan mengatur serangan.

Gelandang Spanyol ini harus merasakan waktu yang sulit dengan Manchester United (MU) saat ini. Di tengah padatnya latihan untuk meningkatkan performa klub, kebanyakan pesepak bola di klub besar seperti United mungkin akan kesulitan membagi waktu luangnya untuk melanjutkan studi. Namun, tidak untuk pemain berusia 30 tahun itu. Ia mampu menyelesaikan pendidikannya dan telah menyandang gelar dalam Ilmu Olahraga dan Keuangan Universitas Camilo Jose Cela di Madrid.

photo
Juan Mata

Edwin van der Sar

Sering dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di generasinya, mantan penggawa timnas Belanda ini mengoleksi 27 trofi utama dari semua klub yang pernah dibelanya. Van der Sar paling terkenal karena sempat membela Juventus dan Manchester United. Kemampuannya telah menginspirasi banyak penjaga gawang untuk menikmati peran mereka di bawah mistar gawang.

Meskipun demikian, itu tidak menghentikannya untuk memperoleh sertifikat yang lebih tinggi. Van der Sar, meskipun sudah pensiun, saat ini adalah Direktur Pemasaran Ajax. Ia juga hampir mendapatkan gelar Master-nya di Manajemen Olahraga Internasional setelah sebelumnya menyelesaikan gelar sarjananya di bidang yang sama.

photo
Mantan Kiper Timnas Belanda Edwin van der Sar

Frank Lampard

Lampard menghabiskan 13 tahun waktunya merumput di Stamford Bridge. Ia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Chelsea dengan torehan 211 gol di semua kompetisi. Mengingat fakta bahwa ia adalah salah satu gelandang terbesar di generasinya, karismanya dan kemampuannya benar-benar tak ada habisnya. Seorang maestro playmaker dan pemain sepak bola yang cerdas, yang sekarang mulai meniti karier sebagai pelatih.

Yang mengagumkan adalah prestasinya di luar sepak bolanya. Ia memahami budaya Latin dengan baik karena memiliki gelar sarjana bahasa Latin dengan nilai A.

photo
Frank Lampard

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement