Kamis 02 Jan 2020 17:39 WIB

Manchester City Tim Tersukses di Inggris dalam Dekade Ini

City meraih 251 kemenangan, 65 kali kekalahan, serta 65 kali imbang.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
logo manchester city
Foto: www.mcfc.co.uk
logo manchester city

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam satu dekade terakhir, terhitung pada 2010 hingga 2020 saat ini, Manchester City sukses menjadi kesebelasan yang paling banyak meraih poin. The Citizens diikuti oleh beberapa klub asal Liga Primer Inggris lainnya.

Menukil dari Opta, Rabu (1/1), City mampu mengamankan perolehan angka 818 dari 381 pertandingan hanya di level kompetisi Liga Inggris selama satu dekade terakhir. Sementara, dari 381 partai yang dijalani tim asal kota pelabuhan mampu meraih 251 kemenangan, 65 kali kekalahan, serta 65 kali imbang.

Dalam periode yang sama, the Eastland juga mampu mencetak 845 gol dengan kemasukan 342 gol. Meski terbilang sulit mengamankan gelar juara pada musim 2019/2020, pelatih Manchester City Josep Guardiola tetap menilai timnya merupakan kesebelasan terbaik pada dekade ini.

Itu bisa dilihat dari catatan di atas sekaligus capaian gelar (10 trofi) yang dimiliki City dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Ada pun kesepuluh gelar yang berhasil diamankan adalah empat trofi Liga Primer Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga.

"Saya pikir dalam satu dekade terakhir kami (Manchester City) adalah tim terbaik dalam hal mengumpulkan poin, gol, pun gelar. Jadi saya ucapkan selamat untuk Manchester City," ujar Guardiola dilansir the Guardian, Rabu (1/1).

Entrenador asal Spanyol menambahkan, kehadiran para pengusaha kaya asal Abu Dhabi sangat membantu pencapaian terbaik City. Klub pun mampu mendatangkan para pemain terbaik dan juga pelatih andal yang memang dibutuhkan.

"Selamat untuk semua yang bekerja di sini. Mereka bersaing dengan para raksasa di Inggris, klub besar dengan sejarah terbesar. Selama dekade terakhir kami adalah bagian dari mereka, dan itu sangat luar biasa," jelas Pep.

Lebih lanjut, di bawah Manchester City, terdapat rival sekota mereka Manchester United (MU) yang berhasil mengantongi total perolehan 747 poin dari 380 pertandingan. Alhasil, dari jumlah itu the Red Devils menang 220 kali, menelan 73 kekalahan, dan imbang 87 kali.

Pada posisi ketiga ditempati klub asal London, Chelsea. The blues menjadi kesebelasan yang berhasil mengamankan perolehan angka tertinggi dalam dekade terakhir setelah berhasil mengumpulkan 740 poin dari 380 pertandingan.

Dalam catatannya, the Roman Emperor mengamankan 220 kemenangan, 80 kekalahan, dan 80 hasil imbang. Sementara, di peringkat keempat diisi oleh kampiun Liga Champions musim lalu, Liverpool.

The Anfield Gank yang tengah berada dalam performa impresif bersama pelatih Juergen Klopp berhasil mengukir 710 poin dari 379 partai dengan 206 kemenangan dan 92 hasil imbang.

Peringkat kelima dan keenam ditempati oleh Tottenham Hotspur serta Arsenal. Dua kesebelasan asal London Utara mengemas 703 dan 702 poin, hanya berselisih satu poin.

Berikut enam klub Liga Primer Inggris yang meraih poin terbanyak dalam satu dekade terakhir:

1. Manchester City 818 poin

2. Manchester United 747 poin

3. Chelsea 740 poin

4. Liverpool 710 poin

5. Tottenham Hotspur 703 poin

6. Arsenal 702 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement