Sabtu 16 May 2020 16:21 WIB

Mengenang 35 tahun Debut Michael Jordan di NBA

Jordan meraih gelar NBA Rookie of The Year 1985 mengalahkan Hakeem Olajuwon.

Michael Jordan.
Foto:

Transformasi Jordan

Diangkatnya Phil Jackson menjadi pelatih pada 1989 setelah sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih turut membawa perubahan pada Jordan. Dalam film dokumenter The Last dance yang menjadi pembicaraan penggemar basket dunia sebulan ke belakang, ada bagian yang menceritakan transformasi Jordan menjadi pemain tim membuat Bulls semakin menggila dan akhirnya merebut gelar juara NBA pada 1991.

Jackson memberikan pengertian kepada Jordan bahwa tak selamanya ia harus menjadi eksekutor dan mesin poin timnya. Ada masa di mana ia akan dijaga ketat oleh dua hingga tiga pemain lawan, dan ketika itulah Jordan diminta memberikan kesempatan bagi rekan-rekannya untuk berkontribusi. 

Bulls tak teradang setelah Jordan bermain mengutamakan tim. Produktivitasnya tak lantas menurun drastis, dan pada saat yang sama Bulls mendapatkan kemenangan demi kemenangan. Ditambah kemampuan menjaga emosi serta menambah kekuatan otot, strategi meredam Jordan dengan berbagai cara, termasuk melakukan pelanggaran kasar seperti yang dilakukan Detroit Pistons tak lagi ampuh. Bulls dibawa juara tiga tahun berurutan sejak 1991 sampai 1993.

Sempat pensiun sebentar dari basket, Jordan kembali untuk meraih tiga gelar berikutnya pada 1996 sampai 1998. Setelah kembali gantung sepatu selama 2,5 tahun, Jordan kembali memperkuat Washington Wizards pada 2001 sampai 2003. Kali ini, usianya yang menua ditambah tim yang kurang kompetitif membuat Jordan gagal mengulangi pencapaian seperti saat membela Bulls.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement