Jumat 12 Mar 2021 09:11 WIB

Jatuh Bangun Sang Wonderkid Adnan Januzaj

MU merekrut Januzaj saat masih berusia 16 tahun pada 2011.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Agung Sasongko
Gelandang Real Sociedad, Adnan Januzaj (tengah) merayakan gol ke gawang Valencia pada laga La Liga di Stadion Reale Arena, San Sebastian, Ahad (23/2) dini hari WIB.
Foto:

Ekspektasi para pelatih MU begitu tinggi. Mereka menyandingkan Januzaj dengan pemain bintang MU lainnya seperti Ryan Giggs, Wayne Rooney, dan Cristiano Ronaldo. Kemampuan pengendalian bola, dribble, dan tendangan keras membuat Januzaj terus menjadi media darling dengan pemberitaan positif. 

Januzaj pun mendapat kesempatan bertanding di 35 laga MU musim 2013/14 meski Moyes hanya bertahan selama 10 bulan di Old Trafford. Pemain berpaspor Belgia itu pun menandatangani kontrak lima tahun bersama Pasukan Setan Merah. 

Setelah Giggs pensiun, Januzaj mendapat keistimewaan mendapat nomor punggung '11'. Harapan publik terus membuncah. Namun, di sinilah letak senjakala sang wonderkid. Di bawah kendali Louis Van Gaal, Janujaz lebih sering bertanding di tim U-23 MU alih-alih di skuad utama. 

Hubungan yang kurang harmonis dengan Van Gaal disebut-sebut menjadi salah satu alasannya. Pada awal musim 2015/16, ia dipinjamkan ke Borussia Dortmund agar bisa tampil di kompetisi elite.

Meski sudah hijrah ke Jerman, Januzaj tidak juga 'klik' dengan gaya permainan Die Borussen. Ia hanya bermain sebanyak 12 kali dan menyumbang tiga //assist// tanpa menyumbang satu gol pun. Pelatih Dortmund saat itu, Thomas Tuchel memutuskan untuk memulangkan Januzaj ke MU setelah melewati masa peminjaman satu tahun. 

 

Harapan kembali datang ketika Moyes yang sedang melatih Sunderland bersedia menampungnya sebagai pemain pinjaman di musim 2016/17. Sebagai orangtua di klub, Moyes memberikan wejangan kepada Januzaj. 

"Saya bilang ke Adnan (Januzaj) untuk tidak menyalahkan siapapun terhadap kariernya. Saya minta padanya untuk melakukan introspeksi, dan melihat kesalahan," ujar Moyes. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement