Sabtu 27 Mar 2021 02:44 WIB

Mount Nyaris Pecahkan Rekor Xavi Hernandez

Mount mencatatkan delapan peluang dari skema permainan terbuka.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Gelandang Timnas Inggris, Mason Mount.
Foto:

Salah satu legenda Barcelona itu tercatat menciptakan sembilan peluang selama tampil selama 90 menit di laga Spanyol kontra Bosnia-Herzegovina pada 2008 silam. Namun, berbeda dari Xavi, yang tampil penuh selama 90 menit, Mount hanya tampil selama 45 menit di laga Inggris kontra San Marino.

Southgate memilih menarik Mount pada menit ke-46 dan menggantikannya dengan Jude Bellingham. Jika Mount tetap merumput pada babak kedua, bukan tidak mungkin, Mount bisa memecahkan rekor milik Xavi tersebut.

Tidak hanya mampu mengemas delapan peluang, Mount juga berhasil menyumbang satu assist saat menjadi arsitek gol Raheem Sterling pada menit 31. Inggris pun akhirnya menutup laga dengan kemenangan, 5-0, atas San Marino.

Di sepanjang penampilannya di laga tersebut, Mount tercatat mengemas dua sepakan dengan satu tembakan tepat mengarah ke gawang dan menorehkan 89 persen akurasi operan (48 operan sukses dari 54 kali melakukan operan).

Selain itu, Mount juga satu kali melakukan blok dan berhasil memenangi lima dari enam kesempatan duel perebutan bola. Pujian pun datang dari Southgate buat Mount usai penampilan impresifnya di laga tersebut.

''Penampilan Mount pada babak pertama begitu luar biasa. Dia bisa menetapkan ritme dan mengatur irama permainan tim,'' tutur Southgate seperti dilansir The Sun, Jumat (26/3)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement