Selasa 23 Nov 2021 18:58 WIB
...

Ambisi Xavi Kembalikan Elemen Dasar Permainan Barcelona

Tantangan terbesar Xavi adalah membuat Barcelona kembali kompetitif.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
 Pelatih baru Barcelona Xavi Hernandez.
Foto:

Di sisi lain, Xavi memiliki rencana besar untuk mengedepankan para bakat muda terbaik. Nama-nama pemain senior seperti Gerard Pique, Jordi Alba, dan Sergio Busquets harus tunduk dalam keputusan pelatih, yang dinilai bakal terus melakukan rotasi.

Ketiga pemain di atas memang memulai pertandingan pertama Xavi saat mengalahkan Espanyol dan mungkin akan kembali dimainkan ketika bersua Benfica, mengingat pertandingan krusial yang harus dimenangkan.

photo
Pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez bereaksi pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara FC Barcelona dan RCD Espanyol yang diadakan di Stadion Camp Nou di Barcelona, Spanyol, Ahad (21/11) dini hari WIB. - (EPA-EFE/Quique Garcia)

Tetapi dalam jangka menengah tempat ketiganya jauh dari jaminan tim utama. Xavi diprediksi akan membentuk tim yang lebih mobile dan dinamis.

Masalah lain yang harus diatasi Xavi dan Barca adalah di departemen medis. Barca diganggu oleh cedera sepanjang musim dan akan kehilangan enam pemain saat bentrok versus Benfica. Ia pun akan mengubah staf medis klub dan membawa serta orang-orangnya sendiri dari Al-Sadd ke Camp Nou.

Sekali lagi, ini adalah bagian dari upaya Xavi untuk membawa pendekatan yang lebih serius dan terfokus pada segala hal tentang skuad dan lingkungan sekitarnya di semua bidang aktivitas, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Setelah mengatakan semua itu, para penggemar seharusnya tidak mengharapkan Xavi menjadi pelatih yang berpikiran negatif dan defensif. Bos Barca yang baru ini memiliki prinsip sepak bola yang kuat langsung dari sekolah Johan Cruyff yang serupa seperti Pep Guardiola.

Akan tetapi, patut digarisbawahi apabila permainan yang berbasis kepemilikan bola penuh itu menuntut banyak pekerjaan mendasar, baik secara mental maupun fisik, untuk menutup ruang lawan dan mengejar bola dari setiap lawan.

Xavi mungkin dikenang sebagai pengumpan terbaik pada era sebelumnya. Tetapi, sejatinya permainan itu dibangun dengan berlari tanpa henti baik dengan dan terutama tanpa bola.

Filosofi pun elemen dasar itu yang diklaim telah hilang dari Barca sepeninggalan  Guardiola ataupun Luis Enrique. Alhasil, Xavi ada di sini untuk menghentikan penurunan, dan pesannya kepada para pemain adalah kerja keras dimulai sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement