Ahad 12 Dec 2021 18:22 WIB

Piala AFF: Indonesia ke Puncak Klasemen Grup B Usai Bekuk Laos

Indonesia menaklukkan Laos 5-1 dan menggusur Malaysia dari puncak Grup B Piala AFF.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia bersujud syukur usai membobol gawang Timnas Laos di dalam babak pertama pertandingan grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12/21). Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Laos 5-1.
Foto:

Babak kedua, Indonesia dan Laos sama-sama melakukan pergantian pemain. Shin memasukkan Elkan Baggot dan Witan Sulaeman dan menarik Rachmat dan Kushedya. Menit ke-52 Indonesia mencetak gol via Dedik, tapi tidak disahkan.

Sempat mendapat serangan gencar, Indonesia balik membalas. Berawa umpan jauh dari Witan dari tengah, Irfan Jaya menahan bola di sisi kiri. Irfan kemudian melepaskan operan ke belakang yang diselesaikan oleh Witan yang tiba-tiba sudah berada di kotak penalti Loas. Ia melepaskan tendangan menyilang menyusur rumput yang tak bisa dihentikan kiper Laos. Skor berubah menjadi 3-1 atas keunggulan Indonesia. 

Unggul tiga gol tidak membuat Indonesia berhenti menyerang. Menit ke-65, dua peluang Indonesia dari tendangan pojok Indonesia masih belum menambah pundi gol. 

Menit ke-75, tendangan Evan Dimas masih terkena jaring luar gawang. Tak lama berselang, Ezra yang masuk pada menit ke-71 menambah pundi gol bagi Indonesia setelah mengeksekusi umpan Witan dengan baik. Skor berubah menjadi 4-1 untuk Indonesia.

Wasit kembali tidak mengesahkan gol Indonesia dari sundulan Fachrudin karena telah terjadi pelanggaran sebelumnya. Menit ke-84, Indonesia kembali menambah pundi gol dari kaki Evan Dimas yang gagal diantisipasi oleh lini belakang Laos. Skor berubah menjadi 5-1 untuk Indonesia yang bertahan hingga empat menit injury time berakhir.

Atas hasil tersebut Indonesia berada di posisi pertama klasemen sementara babak Grup B dengan raihan enam poin. Selanjutnya Indonesia akan melawan Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12). 

Daftar Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3)

Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho (Fachrudin Aryanto 71'), Alfeandra Dewangga Santosa, Moch Edo Febriansyah; Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Rachmat Irianto (Elkan Baggot 46'); Kushedya Hari Yudo (Witan Sulaeman 46'), Dedik Setiawan (Ezra Waian 71'), Irfan Jaya (Ramai Rumakiek 80').

Pelatih: Shin Tae-yong.

Laos (3-4-3)

Keo Oudone Souvanasangso (S Thilavong 46'); Kaham Phetsivilay, Xeedee Pomsavanh (Keohanam 61'), Mitsada Saitaifah (Thanakanty 33'), Thipphachanh Inthavong; Phathana Phommathep, Phoutthasay Khochalem, Loungleuang Keophouvong Sangvilay 90'); Kydavone Souvanny, Bounphacan Bounkong (Doungaimaity 90'), Billy Ketkeophomphone

Pelatih: Vengadasalam Selvaraj

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement