Kamis 16 Dec 2021 00:16 WIB

Dominasi Penyerang di Nominasi 11 Pemain Terbaik Versi FIFA FIFPro 2021

Tak ada nama penyerang Liverpool, Mohamed Salah, dalam daftar tersebut.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
FIFPro 2021.
Foto: fifpro.org
FIFPro 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, HOOFDDROP -- Pemain di lini serang mendominasi daftar nominasi FIFA FIFPro World Best XI 2021. Delapan penyerang termasuk dalam nominasi tim terbaik versi FIFPro 2021 tersebut.

Sementara di lini tengah dan belakang, masing-masing lini diisi enam pemain. Di pos penjaga gawang, tiga kiper bersaing untuk berada di dalam tim terbaik FIFA FIFPro 2021.

Baca Juga

Kendati begitu, dari delapan pemain di lini serang, tidak ada nama penyerang Liverpool, Mohamed Salah. Padahal, performa penyerang asal Mesir itu terbilang cukup impresif, terutama pada awal musim ini. Salah sukses mengemas 21 gol dan sembilan assist dari 22 penampilan di semua ajang.

Tidak hanya itu, dilansir Marca, Rabu (15/12), sorotan juga tertuju pada masuknya nama Dani Alves dalam daftar nominasi di lini belakang. Kendati berhasil membawa Brasil meraih medali emas cabang sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020, pertengahan tahun ini, Alves tercatat hanya tampil di enam laga di level klub pada sepanjang 2021, tepatnya saat masih memperkuat Sao Paolo.

Selain Alves, yang baru hijrah ke Barcelona pada November dan belum tampil di laga kompetitif bersama Blaugrana, tiga penggawa klub asal Katalan itu juga masuk dalam daftar nominasi, yaitu Frenkie de Jong, Sergio Busquets, dan Jordi Alba.

Performa Blaugrana pada sepanjang 2021 sebenarnya lebih banyak diisi kekecewaan, meski berhasil merengkuh titel Copa del Rey pada musim lalu.

Nantinya, para nominator ini akan bersaing untuk bisa mengisi satu tempat di starting line-up terbaik 2021 versi FIFA FIFPro. Dalam pemilihan tim terbaik 2021 itu FIFA bekerja sama dengan Asosiasi Pesepak Bola Profesional Dunia (FIFPro).

Rencananya, pengumuman starting line-up terbaik 2021 akan digelar di ajang The Best keluaran FIFA, 17 Januari 2022 mendatang.

Berikut daftar lengkap nominasi FIFA FIFPro World Best XI 2021:

Penjaga Gawang:

Alisson Becker (Liverpool/Brasil), Gianluigi Donnarumma (AC Milan/Paris Saint-Germain/Itala), Edouard Mendy (Chelsea/Senegal).

Pemain Belakang:

David Alaba (Bayern Muenchen/Real Madrid/Austria), Jordi Alba (Barcelona/Spanyol), Dani Alves (Sao Paulo/Barcelona/Brasil), Trent Alexander-Arnold (Liverpool/Inggris), Leonardo Bonucci (Juventus/Italia), Ruben Dias (Manchester City/Portugal).

Pemain Tengah:

Sergio Busquets (Barcelona/Spanyol), Kevin De Bruyne (Manchester City/Belgia), Frenkie de Jong (Barcelona/Belanda), Bruno Fernandes (Manchester United/Portugal), Jorginho (Chelsea/Italia), N'Golo Kante (Chelsea/Prancis).

Pemain Depan: Karim Benzema (Real Madrid/Prancis), Erling Haaland (Borussia Dortmund/Norwegia), Robert Lewandowski (Bayern Muenchen/Polandia), Romelu Lukaku (Inter Milan/Chelsea/Belgia), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain/Prancis), Lionel Messi (Barcelona/Paris Saint-Germain/Argentina), Neymar (Paris Saint-Germain/Brasil), Cristiano Ronaldo (Juventus/Manchester United/Portugal).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement