Selasa 04 Jan 2022 10:55 WIB

PSSI Puas Terhadap Kinerja Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 disiapkan untuk turnamen-turnamen berikutnya.

Sejumlah pesepak bola dan tim pelatih Timnas Indonesia berfoto bersama usai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Indonesia menduduki juara kedua usai seri melawan Timnas Thailand dengan skor 2-2 atau kalah agregat 2-6.  ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/hp.
Foto:

Thailand pun tercatat sebagai negara tersukses di Piala AFF dengan enam gelar juara. Sebelumnya, status serupa diraih Thailand pada tahun 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016. Sementara Indonesia menjadi negara paling banyak mengantongi prestasi peringkat kedua Piala AFF yaitu enam kali dan belum pernah sekali pun mencicipi status kampiun. Pencapaian yang sama dicatatkan Indonesia pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Akan tetapi, Indonesia tidak kembali ke Indonesia dengan tangan kosong. Skuad Garuda dinobatkan sebagai tim yang paling menjunjung sportivitas (Fair Play Team Award) dan bek kiri Pratama Arhan, yang baru berusia 19 tahun, diberikan status sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020.

Pencapaian Pratama dipuji mantan bek Singapura berdarah Indonesia Baihaki Khaizan. Melaui media sosialnya, ia meminta Pratama menjaga momentum kesuksesan di Piala AFF untuk terus berkembang pada masa depan sehingga bisa merambah sepak bola Asia.

Jalan Indonesia menuju final cukup meyakinkan meskipun tidak diunggulkan saat tergabung di Grup B yang juga dihuni oleh Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Pertandingan pertama vs Kamboja (9/12/2021), Indonesia unggul dengan skor 4-2. Pada pertandingan kedua, Indonesia menang besar 5-1 atas Laos. 

Pertandingan ketiga vs Vietnam (15/12/2022) menjadi pertunjukan permainan bertahan apik Indonesia. Indonesia yang pada dua awal bermain ofensif kini memainkan pola defensif dengan lima pemain belakang. Vietnam mendominasi jalannya pertandingan dengan unggul penguasaan bola hingga 70 persen dan melepaskan tendangan hingga 20 kali, tapi hanya satu yang tepat ke gawang. Namun Skuad asuhan Shin Tae-yong bisa memaksakan hasil imbang 0-0.

Pada laga terakhir, Indonesia tampil perkasa dengan melibas Malaysia 4-1. Kemenangan telak ini pula yang menjadikan Indonesia juara Grup B sekaligus terhindar lebih dini dari Thailand. 

Di semifinal, Indonesia bertemu Singapura sebagai runner-up Grup A. Leg pertama kedua tim bermain imbang 1-1. Leg kedua yang disuguhi sejumlah drama, Indonesia akhirnya menang 4-2 lewat babak perpanjangan waktu. Namun keperkasaan Asnawi Mangkualam dkk akhirnya terhenti di final oleh Thailand. Indonesia kalah 0-4 pada leg pertama dan imbang 2-2 pada final kedua.

photo
Pratama Arhan Alif Rifai dari Indonesia (kanan) menyabet penghargaan pemain muda terbaik Piala AFF 2020. - (AP/Suhaimi Abdullah)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement