Selasa 04 Jan 2022 13:41 WIB

Tantangan Transfer Musim Dingin untuk Newcastle United

Newcastle butuh belanja besar untuk memperkuat skuad menghindari degradasi.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Para pemain Newcastle United saat menghadapi Manchester United di Liga Primer Inggris (ilustrasi).
Foto:

Pelatih berusia 44 tahun mengakui mereka telah memiliki target yang sudah diidentifikasikan dan manajemen klub memiliki banyak orang yang bekerja atas nama tim untuk bisa menemukan cara memperkuat skuad.

"Banyak detail yang masuk ke dalamnya tetapi Anda dapat memiliki proses paling detail di dunia namun jika pemain tidak ingin datang ke tim Anda, atau klub tidak ingin menjualnya, tantangan Januari menjadi sangat sulit," sambung dia.

Di sisi lain Newcastle juga belum mengisi kekosongan untuk direktur sepak bola dan kepala eksekutif, meskipun Nick Hammond, yang sebelumnya mengisi peran tersebut bersama tim Reading, bergabung sebagai konsultan jangka pendek.

Sementara Steve Nickson adalah orang yang bertanggung jawab dalam penandatangan Joelinton senilai 40 juta pounds dari Hoffenheim pada 2019.

Alhasil, memaksimalkan uji tuntas dan meminimalkan kesalahan pasar transfer adalah tantangan langsung Howe. Tetapi tugas ini telah diperumit oleh kebutuhan untuk tidak hanya memperbaiki sektor pertahanan tetapi juga mencari sosok striker utama, Callum Wilson, yang kemungkinan akan absen karena cedera betis.

Dalam peta transfer Newcastle musim dingin ini daftar belanja sang manajer tertuju pada sektor pertahanan. Meski demikian, beberapa lini tetap menjadi fokus untuk berbenah bagi Eddie Howe.

Gelandang Sheffield United Sander Berge dan Harry Winks dari Tottenham Hotspur telah dipantau. Fokus utama tidak hanya berpusat pada Trippier tetapi setidaknya dua bek tengah baru yang menjadi favorit belanja the Toon Army adalah penggawa LOSC Lille Sven Botman, Nathan Ake dari Manchester City, Lloyd Kelly dari AFC Bournemouth, Nat Phillips milik Liverpool, James Tarkowski dari Burnley serta Pontus Jansson milik Brentford.

Tidak mengherankan apabila para agen pemain berkerumun di sekitar Newcastle, melihat bagaimana para agen menyodorkan para kliennya untuk bisa bergabung dengan Newcastle dan lalu menagih upah serta ongkos kepindahan yang besar.

Namun patut digarisbawahi bahwa aktivitas transfer tersebut harus disetujui secara bersama oleh Staveley, Jamie Rueben dan diteruskan kepada Yasir al-Rumayyan, yang merupakan pemegang saham mayoritas dari Dana Investasi Publik Arab Saudi.

Otoritas liga sangat menyadari bahwa aturan permainan keuangan yang adil dapat mengizinkan hierarki St James' Park untuk menghabiskan dana sebesar 200 juta pounds pada bulan Januari 2022 dan tampaknya bertekad untuk meminta tebusan dari pihak Arab Saudi.

photo
Nathan Ake jadi incaran Newcastle United. - (EPA-EFE/Peter Powell)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement