Rabu 19 Jan 2022 05:37 WIB
...

Ini 5 Pesepak Bola dengan Pergerakan Paling Cerdas di Atas Lapangan

Kecerdasan pesepak bola kerap tergambar dalam kemampuan memanfaatkan celah sempit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Real Madrid, Karim Benzema, salah satu pesepak bola dengan pergerakan cerdas di lapangan.
Foto:

2. Thomas Mueller (Bayern Muenchen)

photo
Gelandang Bayern Muenhen Thomas Mueller. (REUTERS/Hannibal Hanschke/Pool )

 

 

Buat sebagian besar pengamat sepak bola, Mueller dianggap sebagai pemain yang paling tepat dalam menggambarkan peran Raumdeuter di atas lapangan. Secara harfiah, dalam bahasa Jerman, Raumdeuter dapat diartikan sebagai pemain yang menerjemahkan ruang yang ada di pertahanan lawan.

Raumdeuter diharapkan bisa mencari celah dan ruang sekecil mungkin di lini belakang lawan, tanpa diketahui lawan. Dengan kemampuannya, Mueller memang begitu cocok dengan tugas ini dan peran ini.

Gelandang asal Jerman itu bukanlah pemain dengan kemampuan dribling yang mumpuni ataupun kecepatan di atas rata-rata. Bahkan, postur gelandang serang berusia 32 tahun itu terbilang bukanlah postur ideal pesepak bola lantaran terlalu kurus.

Alhasil, para pemain bertahan jarang melihat Mueller sebagai ancaman besar buat gawang mereka. Namun, kecerdikan dan kecerdasan dalam melihat ruang di lini belakang lawan justru menjadi kekuatan utama Mueller.

Dengan kemampuan ini, Mueller terus bertahan sebagai pilihan utama di lini tengah Bayern Muenchen. Kontribusinya buat Die Bayern pun tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dalam tiga musim terakhir, Mueller telah mengemas total 37 gol dan 72 assist buat Muenchen. Total, pemain yang telah memperkuat Muenchen sejak 2008 itu telah mengemas 150 assist buat Die Bayern.

3. Mohamed Salah (Liverpool)

photo
Pemain depan Liverpool Mohamed Salah. - (EPA-EFE/VICKIE FLORES)

 

 

Sejak kembali merumput di Liga Primer Inggris pada 2017, Mohamed Salah menjadi pemain yang begitu berbeda dibanding kesempatan pertamanya berkiprah di Liga Primer Inggris. Berbeda dari pemain sayap yang mermput di Liga Primer Inggris, Salah bukanlah tipikal pemain yang menyisir sisi sayap dan berusaha melewati lawan dengan berbagai trik.

Eks winger Chelsea itu cenderung lebih banyak bergerak di sisi kanan dan terlibat dalam bangunan serangan Liverpool. Namun, begitu tempo permainan mulai meningkat, Salah dapat dengan cepat membuka ruang di dalam kotak penalti.

Begitu pula dengan kemungkinan melakukan penetrasi ke jantung pertahanan. Kegagalan para pemain bertahan dalam mengantisipasi gerakan Salah ini dapat berakibat fatal. Kemampuan ini pula yang membuat Salah terus berada di urutan teratas dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris musim ini dengan koleksi 16 gol.

4. Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)

photo
Pemain depan Bayern Muenchen Robert Lewandowski. - (AP/Martin Meissner)

 

 

Robert Lewandowksi dapat dikatakan sebagai pemain tersubur di pentas sepak bola Eropa setidaknya dalam tiga musim terakhir. Keberhasilannya mempertahankan gelar pemain terbaik versi FIFA pada tahun ini menjadi pengakuan terhadap ketajaman striker asal Polandia tersebut.

Apabila menilik posisi bermainnya sebagai striker, Lewandowski kerap berada di dalam kotak penalti lawan saat rekan-rekan setimnya membangun serangan. Namun, Lewandowski dinilai memiliki pergerakan tanpa bola yang cukup baik.

Eks striker Borussia Dortmund itu kerap memanfaatkan kelengahan para pemain bertahan dalam mengawalnya. Saat barisan pemain bertahan berupaya meredam serangan yang dibangun dari sisi lapangan, pemain yang telah mencetak 34 gol dari 27 penampilan di semua ajang pada musim ini tersebut bisa menyelinap dan siap memanfaatkan peluang sekecil apapun.

5. Cristiano Ronaldo (Manchester United)

photo
Cristiano Ronaldo dari Manchester United. - (EPA-EFE/Peter Powel)

 

 

Dalam usia yang telah menginjak 36 tahun, Cristiano Ronaldo memang terlihat melakukan sejumlah adaptasi dalam gaya permainannya. Saat berada di usia terbaiknya, Ronaldo kerap mengawali gerakan dari sisi kiri lapangan dan berusaha melewati adangan pemain lawan dengan trik serta kecepatannya.

Setelah itu, Ronaldo menaklukkan penjaga gawang dengan sepakan akurat. Kendati telah meninggalkan gaya tersebut, Ronaldo tetap dinilai memiliki pergerakan tanpa bola yang begitu cerdas.

Saat ini, pengoleksi lima gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu lebih banyak beroperasi sebagai penyerang tengah, alih-alih sebagai winger. Ronaldo lebih sering mencari posisi yang tepat untuk bisa beradu kecepatan dengan pemain bertahan seraya berusaha menghindari jebakan offside.

Dengan gaya permainan ini, eks bintang Juventus dan Real Madrid itu dapat lebih banyak menghemat tenaga. Kendati mengubah gaya permainan, Ronaldo tidak kehilangan ketajamannya. Ronaldo masih menjadi top skorer Manchester United pada musim ini dengan mencatatkan 14 gol di semua ajang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement