Rabu 23 Mar 2022 13:32 WIB
...

Bukan Guardiola, Ini Pelatih dengan Gaji Tertinggi Sejagat

Tidak hanya pemain bintang, pelatih top ternyata juga memiliki gaji selangit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Foto:

3. Juergen Klopp (1,49 juta euro per bulan)

Sukses membawa Borussia Dortmund mematahkan dominasi Bayern Muenchen di pentas Bundesliga Jerman, Juergen Klopp direkrut Liverpool pada 2015. Klopp hanya mampu membawa the Reds finis di peringkat kedelapan pada musim debutnya di Inggris.

photo
Pelatih Liverpool Juergen Klopp. - (AP/Kirsty Wigglesworth)

 

 

Namun, secara perlahan, pelatih asal Jerman itu menyulap the Reds sebagai tim yang disegani di pentas Eropa. Perekrutan pemain bintang, ditambah kemampuan Klopp dalam meracik strategi dan taktik permainan, membawa Liverpool menjadi salah satu tim terbaik di Eropa dalam tiga musim terakhir.

Setelah menjadi yang terbaik di pentas Liga Champions pada musim 2018/2019, Liverpool mengakhiri puasa gelar di Liga Primer Inggris pada musim berikutnya. Prestasi ini akhirnya meyakinkan manajemen the Reds untuk terus bekerja sama dengan Klopp.

Pada 2019, Klopp menandatangani perpanjangan kontrak yang berakhir pada 2024 mendatang. Dalam kontrak teranyarnya tersebut, Klopp diketahui mengantongi gaji sebesar 1,49 juta euro (Rp 23,5 miliar) per bulan.

4. Antonio Conte (1,49 juta euro per bulan)

Dengan besaran gaji yang nyaris sama dengan Juergen Klopp, Antonio Conte menerima pinangan Tottenham Hotspur pada awal November 2021. Pelatih asal Italia bersedia untuk menggantikan Nuno Espirito Santo di kursi pelatih the Lilywhites.

photo
Pelatih Tottenham Hotspur Antonio Conte. - (EPA-EFE/ANDREW YATES)

 

 

Dengan ganjaran gaji mencapai 1,49 juta euro (Rp 23,5 miliar) per bulan, Conte diharapkan bisa mengangkat performa Spurs. Klub asal London Utara itu rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menggaji Conte lantaran menilik rekam jejak eks pelatih timnas Italia tersebut.

Setelah mengantarkan Chelsea dan Juventus menjadi yang terbaik di kancah domestik, pelatih berusia 52 tahun itu mempersembahkan scudetto buat Inter Milan. Kendati begitu, Spurs agaknya tidak mau mengambil risiko terlalu besar dalam mengontrak Conte. Eks pelatih timnas Italia itu hanya diikat dengan kontrak selama 18 bulan, dengan opsi perpanjangan selama satu tahun.

5. Massimiliano Allegri (1,17 juta euro per bulan)

Nama Allegri yang akhirnya kembali disebut manajemen Juventus sebagai pengganti Andrea Pirlo pada awal musim ini. Setelah dua tahun tidak menukangi sebuah tim, pelatih asal Italia kembali ke klub terakhir yang ditanganinya.

Dalam kesempatan keduanya menukangi I Bianconeri, Allegri mendapatkan gaji sebesar 1,17 juta euro (Rp 18 miliar) dengan durasi kontrak selama empat tahun. Meski kerap dikritik lantaran gaya permainan yang diterapkannya, Allegri diharapkan membawa stabilitas dalam laju I Bianconeri pada musim ini.

Maklum, dalam dua musim terakhir, manajemen Juventus mencoba mengubah identitas permainan tim dengan mendatangkan dua pelatih yang memiliki gaya berbeda. Namun, baik Maurizio Sarri dan Andrea Pirlo dinilai belum bisa membawa stabilitas dalam raihan hasil I Bianconeri.

Penunjukan Allegri ini sepertinya mulai membuahkan hasil. Dalam 14 laga terakhir di semua ajang, I Bianconeri hanya menelan satu kekalahan, tepatnya saat menyerah, 0-3, dari Villarreal di laga kedua babak 16 besar Liga Champions. Kekecewaan dari kekalahan ini langsung dibayar tuntas lewat kemenangan, 2-0, atas Salernitana, akhir pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement