Jumat 06 May 2022 15:28 WIB

Pandemi Covid-19 di Cina Meningkat, Asian Games 2022 di Hangzhou Resmi Ditunda

Belum jelas kapan Asian Games ke-19 tersebut akan digelar tahun depan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Logo Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina. Asian Games 2022 yang dijadwalkan September 2022 di Kota Hangzhou, Cina, resmi ditunda hingga tahun depan.
Foto: VCG/China Daily
Logo Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina. Asian Games 2022 yang dijadwalkan September 2022 di Kota Hangzhou, Cina, resmi ditunda hingga tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Asian Games 2022 yang dijadwalkan September 2022 di Kota Hangzhou resmi ditunda hingga tahun depan. Keputusan itu diambil setelah pertemuan antara Komite Olimpiade Cina (COC), Komite Penyelenggaraan Asian Games Hangzhou (HAGOC), dan Dewan Eksekutif (EB) OCA.

Namun belum jelas kapan Asian Games ke-19 tersebut akan digelar tahun depan.

Baca Juga

''Menindaklanjuti diskusi rinci dengan Komite Olimpiade Cina (COC) dan Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC), Dewan Eksekutif (EB) OCA, hari ini kami memutuskan untuk menunda Asian Games ke-19, yang dijadwalkan akan diadakan di Hangzhou, Cina, dari 10 hingga 25 September 2022,'' ujar Dewan Olimpiade Asia dalam laman resmi, Jumat (6/5/2022).

OCA menyatakan HAGOC telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menyelanggarakan event tersebut tepat waktu, dengan segala tantangan global yang ada. Namun, mempertimbangkan situasi pandemi di Negeri Tirai Bambu yang sedang meningkat, semua pemangku kepentingan memutuskan untuk menundanya.

OCA menegaskan kalau nama dan lambang Asian Games ke-19 tidak berubah. ''OCA percaya bahwa Asian Games akan mencapai kesuksesan penuh melalui upaya bersama semua pihak,'' jelas OCA.

Selain itu, Dewan Eksekutif OCA juga sedang mempelajari situasi Asian Youth Games ke-3 yang dijadwalkan pada 20-28 Desember 2022 di Shantou, Cina. COC dan panitia penyelenggara juga memutuskan untuk membatalkan Asian Youth Games Shantou karena sudah mengalami penundaan satu kali pada 2021.

''Oleh karena itu, Asian Youth Games berikutnya akan diadakan pada tahun 2025 di Tashkent, Uzbekistan,'' tambah OCA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement