Senin 13 Jun 2022 22:20 WIB

Chiellini Resmi Berlabuh di Los Angeles FC

Chiellini telah sepakat menandatangani kontrak berdurasi 18 bulan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pemain timnas Italia, Giorgio Chiellini. Chiellini bakal melanjutkan karier profesionalnya sebagai pesepak bola di pentas Major League Soccer (MLS) dengan memperkuat Los Angeles FC (LAFC).
Foto: AP/Frank Augstein
Mantan pemain timnas Italia, Giorgio Chiellini. Chiellini bakal melanjutkan karier profesionalnya sebagai pesepak bola di pentas Major League Soccer (MLS) dengan memperkuat Los Angeles FC (LAFC).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Mantan kapten dan bek tengah timnas Italia, Giorgio Chiellini, akhirnya telah menemukan pelabuhan anyar. Bek tengah berusia 37 tahun itu bakal melanjutkan karier profesionalnya sebagai pesepak bola di pentas Major League Soccer (MLS) dengan memperkuat Los Angeles FC (LAFC).

Chiellini telah sepakat menandatangani kontrak berdurasi 18 bulan bersama klub asal Los Angeles tersebut atau bakal berakhir pada 2023 mendatang. Dengan keputusannya merumput di MLS, Chiellini menambah panjang daftar bintang-bintang sepak bola Eropa, yang akhir berkiprah di Liga Amerika Serikat, seperti Zlatan Ibrahimovic, Wayne Rooney, Andrea Pirlo, Frank Lampard, dan Steven Gerrard.

Baca Juga

''Saya merasa antusias dengan babak baru di karier saya. Saya mengucapkan terima kasih kepada LAFC atas kesempatan yang telah diberikan. Saya berharap bisa meraih lebih banyak trofi bersama LAFC,'' ujar Chiellini seperti dikutip ESPN, Senin (13/6/2022).

Chiellini memilih untuk meninggalkan I Bianconeri dan mengakhiri kontraknya bersama Si Nyonya Tua pada akhir musim ini. Setelah 17 musim memperkuat I Bianconeri, pemain yang memperkuat tim utama Juventus sejak 2005 itu telah mempersembahkan sembilan gelar scudetto, satu titel juara Serie B dan lima gelar juara Coppa Italia.

Tidak hanya itu, Chiellini juga sempat dua kali mengantarkan Juventus tampil di partai puncak Liga Champions. Keputusan untuk mengakhiri kontrak bersama Juventus pun diikuti Chiellini dengan rencana mundur dari timnas Italia. Laga Finalissima, kontra Argentina, menjadi laga terakhir eks pemain bertahan Fiorentina itu bersama Gli Azzurri.

Titel juara Euro 2020 menjadi persembahan terbaik dan terakhir Chiellini buat La Nazionale. Sederet pengalaman tampil di level tertinggi ini menjadi salah satu pertimbangan LAFC dalam memboyong Chiellini.

Negosiasi antara manajemen LAFC dengan Chiellini dikabarkan sudah berjalan dalam beberapa pekan terakhir. Manajer Umum LAFC, John Thorrington, mengakui, manajemen LAFC tidak membuang banyak waktu saat mengetahui ada kesempatan mendatangkan Chiellini.

''Soal kepemimpinan, mentalitas pemenang, dan rekam jejak sebagai kapten, saya rasanya tidak bisa membayangkan pemain lain. Apa yang kami lihat dari Chiellini adalah kualitas kepemimpinan, pengalaman yang spesial, dan kemampuannya dalam memberi contoh kepada para pemain lain,'' kata Torrington.

Kabarnya, LAFC akan menjadi klub terakhir Chiellini sebelum gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional. Rencananya, pascagantung sepatu, pemain berjuluk King Kong itu akan terjun dalam jajaran manajemen sebuah klub sepak bola.

Merumput di Amerika Serikat diharapkan bisa memperkaya pengalaman Chiellini dalam meniti karier di jajaran manajemen klub sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement