Kamis 05 Jan 2023 18:00 WIB

Wahai Timnas Indonesia, Jangan Lagi Buang Peluang Lawan Vietnam di Semifinal Piala AFF!

Timnas Indonesia gencar mengkreasi peluang emas tapi lemah dalam memaksimalkannya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia berlatih di Lapangan A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (4/1/2023). Latihan tersebut dilakukan mejelang menghadapi Vietnam di laga semifinal Piala AFF 2022 pada Jumat (6/1/2023). Latihan tersebut sempat batal digelar karena hujan deras yang mengakibatkan lapangan becek dan tergenang. Republika/Prayogi.
Foto:

Dalam laga tersebut, timnas Indonesia melepaskan total 20 tembakan. Sebanyak tujuh di antaranya tepat sasaran. Sayangnya, hanya dua yang berbuah gol. Ada momen ketika dalam sebuah serangan balik, Ricky Kambuaya tak mau mengoper bola ke Ilija Spasojevic yang berdiri lebih bebas dekat kiper lawan. Berbagai fakta di atas memengaruhi posisi skuad Garuda di klasemen akhir. Andai menang dengan skor besar, boleh jadi bukan Vietnam yang akan dihadapi di semifinal, melainkan musuh bebuyutan Malaysia.

Hanya, tak ada gunanya terlarut dalam penyesalan. Ada semifinal di depan mata. Indonesia bertemu Vietnam di babak empat besar. Leg pertama berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023) petang WIB. 

Jelang partai tersebut, STY kembali menyinggung kekurangan timnya di fase grup. Ia tak ingin lagi melihat anak asuhnya membuang peluang emas begitu saja. Pasalnya, lawan yang menunggu mereka, berada di level berbeda. Vietnam penguasa Grup B yang telah mencetak 12 gol dan belum kebobolan sama sekali.

"Memang banyak peluang yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain di laga fase grup. Setelah selesai laga melawan Filipina walaupun kita lolos, saya tegur dan marah kepada para pemain di ruang ganti," kata STY, Kamis (5/1/2023).

Ia memastikan para pemain Indonesia sudah berlatih guna menuntaskan permasalahan tersebut. Setelah enam kali menjadi runner up, kali ini pasukan Garuda tak memiliki target selain juara. Sudah cukup lama penggemar menantikan Merah Putih berjaya di partai puncak Piala AFF.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement