Selasa 24 Jan 2023 19:04 WIB

Pakar: Uang dari Timur Tengah Paksa Liverpool dan Man United Cari Investasi Baru

Pemilik Manchester United keluarga Glazer tengah menawarkan saham mayoritasnya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Manchester United (ilustrasi)
Foto:

Ketika klub-klub top Eropa mencari lebih banyak aliran pendapatan, United dan Liverpool adalah dua dari 12 tim yang terlibat dalam menciptakan Liga Super yang memisahkan diri pada tahun 2021, sebelum reaksi penggemar dan tekanan pemerintah memaksa pemilik untuk berbalik arah dengan cepat.

"Kegagalan proposal dan kegagalan klub Liga Primer untuk mendapatkan kekuatan yang lebih besar dalam menjalankan liga kemungkinan besar merupakan faktor yang mempengaruhi," kata Spencer Harris, Associate Professor of Sport Management di University of Colorado.

Harris mengatakan bahwa penjualan Chelsea senilai 5,2 miliar dolar AS pada bulan Mei kepada konsorsium Amerika yang dipimpin oleh Todd Boehly dan Clearlake Capital serta investasi dari negara-negara berdaulat juga menjadi faktor dalam mencari pendanaan baru.

Sepak bola Eropa telah menjadi sarang investasi dari Timur Tengah sejak pengambilalihan Manchester City oleh Abu Dhabi United Group pada 2008, sementara PSG telah memenangkan delapan gelar liga sejak pengambilalihan Qatar Sports Investment pada 2011.

Kedua klub akhirnya mencapai final Liga Champions - puncak sepak bola Eropa - untuk pertama kalinya dalam sejarah dan termasuk di antara lima klub penghasil pendapatan teratas di musim 2021-22.

Pengambilalihan Newcastle United oleh Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi juga telah mengubah nasib klub Tyneside menempati posisi ketiga di Liga Primer dan di semifinal Piala Liga musim ini. Newcastle belum memenangkan trofi besar dalam lebih dari 50 tahun.

"Qatar berinvestasi...

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement