Selasa 24 Jan 2023 19:04 WIB

Pakar: Uang dari Timur Tengah Paksa Liverpool dan Man United Cari Investasi Baru

Pemilik Manchester United keluarga Glazer tengah menawarkan saham mayoritasnya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Para pemain Manchester United (ilustrasi)
Foto:

"Qatar berinvestasi di PSG dan telah mengumpulkan yang setara dengan Harlem Globetrotters dalam diri Lionel Messi, Neymar dan Kylian Mbappe," kata Neil Joyce, CEO & salah satu pendiri CLV Group.

"Pemilik saat ini (Liverpool dan United) tidak memiliki keuangan untuk bersaing dan berinvestasi di level klub lain ini."

Joyce juga percaya bahwa pemilik ingin memanfaatkan jangkauan global klub mereka dan menghasilkan laba atas investasi yang besar.

The Glazers membeli United seharga 790 juta pound (978,65 juta dolar AS) pada tahun 2005 sementara FSG mengambil alih Liverpool dalam kesepakatan senilai 300 juta pound pada tahun 2010.

Kedua klub sekarang masing-masing bernilai lebih dari 4 miliar dolar AS, tetapi penilaian mereka dikerdilkan oleh tim olahraga Amerika, menurut Forbes.

"Ada permintaan yang meningkat dari perusahaan ekuitas swasta AS, di samping beberapa investasi Timur Tengah yang masuk ke sepak bola di seluruh Eropa selama beberapa tahun terakhir," tambahnya.

"(Ada) kesadaran umum bahwa tim Liga Utama Inggris, dua tim terbesar, relatif tidak memiliki modal dibandingkan tim NFL, yang telah menjadi barometer untuk jangka waktu yang lebih lama."

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement