Kamis 08 Jun 2023 19:06 WIB
...

Kisah Sananta, Pemain Anyar Persis, Bergelut di Liga 3 Hingga Jadi Bintang SEA Games

Sebelum digaet Persis Siolo, sebenarnya banyak klub tertarik untuk meminang Sananta.

Rep: C02/ Red: Endro Yuwanto
Striker timnas Indonesia, Muhammad Ramadhan Sananta, yang akan membela Persis Solo pada Liga 1 musim 2022/2023.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Striker timnas Indonesia, Muhammad Ramadhan Sananta, yang akan membela Persis Solo pada Liga 1 musim 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO –- Muhammad Ramadhan Sananta resmi menjadi pemain anyar Persis Solo. Namun, tak banyak yang tahu bahwa tiga tahun lalu eks pemain PSM Makassar tersebut ternyata pernah bermain di Liga 3 bersama Harjuna Putra.

Setelah membela klub di Liga 3 tersebut, Sananta kemudian berganti seragam Persikabo 1973 di tahun 2022. Namun, meski tampil di liga papan atas ia hanya diberi kesempatan menjalani empat penampilan. Ia juga tak mencetak satu pun gol selama bersama Persikabo 1973.

Baca Juga

Setahun berselang, PSM Makassar tertarik meminang Sananta karena melihat potensinya. Ternyata anak kelahiran Lingga, Kepulauan Riau, tersebut berhasil menunjukkan bahwa ia memang pantas bermain di liga teratas. Buktinya, dari 24 penampilan dirinya mampu mencetak 11 gol dan 2 assist.

Performa tersebutlah yang membuat Sananta dipercaya untuk memperkuat timnas U-22 di ajang SEA Games 2023 Kamboja beberapa waktu lalu. Di ajang tersebut, sinar Sananta menjadi lebih terang karena ia mampu mencetak 5 gol dan jadi salah satu striker yang mencetak gol terbanyak.

Kini Sananta resmi berseragam Persis Solo. Penampilan dari striker bertinggi 182 cm itu pun dinantikan oleh tim pelatih Laskar Sambernyawa dan segenap fannya.

“Semua yang menonton Liga 1 musim lalu dan juga perjalanan timnas Indonesia U-22 pasti sangat memahami kapabilitas dari Sananta," ujar Direktur Olahraga Persis, Edwin Klok, Kamis (8/6/2023).

Klok mengungkapkan, sebenarnya banyak klub tertarik untuk meminang Sananta. Namun, ia mengatakan, Persis menawarkan kesepakatan yang membuat Sananta tertarik untuk bergabung.

"Sananta bisa memilih klub lain dengan tawaran yang lebih tinggi, namun ia memilih Persis Solo karena rencana yang kita tawarkan membuatnya sangat tertarik. Leo dan saya sudah berbincang dengan Sananta dan beberapa teman-temannya yang ada di sini juga meyakinkannya untuk menjadi bagian dari Laskar Sambernyawa," kata Klok.

Bersama Persis, Klok yakin Sananta dapat menampilkan potensinya terbaiknya. Pasalnya, pemain tersebut sudah mempunyai modal visi bermain yang baik dan finishing yang bagus pula. "Ia sangat kuat, pergerakan yang bagus, penyelesaian akhir yang baik dan visi bermain yang luar biasa. Ia juga dapat menggunakan kaki terlemahnya dengan baik. Potensi pemain ini sangat luar biasa,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement