Rabu 02 Aug 2023 14:47 WIB

Bakal Pensiun, Buffon Sudah Kenyang Rekor, Satu di Antaranya Samai Catatan Messi-Ronaldo

Gianluigi Buffon siap mengumumkan keputusan pensiun dalam waktu dekat.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Mantan kiper legendaris Juventus dan timnas Italia, Gianluigi Buffon.
Foto: Fabio Ferrari / LaPresse via AP
Mantan kiper legendaris Juventus dan timnas Italia, Gianluigi Buffon.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Gianluigi Buffon akan pensiun dari aktivitas sebagai pesepak bola profesional. Ia berhenti di usia 45 tahun.

Buffon siap mengumumkan keputusan dalam waktu dekat. Ia masih memiliki kontrak di Parma Calcio sampai Juni 2024. Namun, tampaknya kedua kubu berpotensi menghentikan kerja sama, lebih cepat dari kesepakatan awal.

Baca Juga

Kiper legendaris Juventus dan tim nasional Italia, itu sudah merasakan banyak gelar. Baik itu di level grup maupun individu. Tak perlu diragukan lagi bagaimana pengalaman sang portiere saat mentas di panggung elite.

"Super Gigi memenangkan Piala Dunia bersama timnas Italia dan memiliki caps senior paling banyak saat membela Azzurri, yakni 176 pertandingan," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Rabu (2/8/2023).

Buffon berperan sebagai kapten Gli Azzurri dalam 80 pertandingan. Tidak ada sosok lain yang melewati pencapaiannya. Ia juga tampil di lima edisi Piala Dunia. Buffon bersanding dengan Antonio Carbajal, Rafael Marquez, Lothar Matthaus, Lionel Messi, serta Cristiano Ronaldo.

Super Gigi mentas di 657 pertandingan selama berkarier di Serie A Liga Italia. Ia berada di posisi teratas. Tidak ada pemain lain yang memiliki jumlah penampilan lebih banyak dari Buffon ketika berpetualang di kompetisi tersebut.

"Dia masih memegang rekor tak terkalahkan selama 974 menit di Seri A, dan 10 pertandingan beruntun gawangnya tidak kebobolan," ujar laporan dari Football Italia.

Pada era satu kemenangan bernilai tiga poin, gawang Buffon tidak kebobolan dalam 285 laga di Seri A. Ia penjaga gawang tertua yang menyelamatkan penalti di Seri A. Ia melakukan hal itu saat berusia 43 tahun, tiga bulan, 14 hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement