Rabu 23 Aug 2023 13:26 WIB

Mengenal Kings League, Liga Sepak Bola 7 Vs 7 Ide dari Gerard Pique

Liga dibuat untuk menambahkan elemen dinamisme dan hiburan ke dalam permainan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Endro Yuwanto
Mantan bintang Barcelona dan timnas Spanyol, Gerard Pique.
Foto: EPA-EFE/NIGEL RODDIS
Mantan bintang Barcelona dan timnas Spanyol, Gerard Pique.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kings League mulai terdengar sejak pendiriannya 2022 lalu oleh mantan bintang Barcelona, Gerard Pique, bekerja sama dengan tokoh sepak bola dan streamer internet terkemuka lainnya. Liga ini unik dan menampilkan peraturan berbeda dari peraturan sepak bola trandisonal seperti biasanya.

Liga ini memuat 7 lawan 7 dan dibuat dengan tujuan menambahkan elemen dinamisme dan hiburan ke dalam permainan. Elemen tersebut termasuk adu penalti tie-breaker, diperbolehkannya handball untuk lemparan ke dalam, pergantian pemain tanpa batas, dan penerapan peraturan untuk senjata rahasia.

Baca Juga

Mengutip utas dari platform X @garistengah_id, Kings League tercetus berawal dari 'obrolan warung kopi' antara Pique, Oriol Querol, dan internet celebrity-nya Spanyol, Ibai Llanos. Saat itu mereka makan siang bersama sekaligus mengeluarkan keresahan yang sama terkait sistem sepak bola saat ini.

"Kata mereka, 90 menit permainan itu sudah terlalu lama dan bahkan kadang-kadang tidak ada gol yang tercipta. Maka dari itu, orang-orang tersebut berdiskusi bagaimana caranya membuat olahraga ini lebih menarik. Bahasanya Querol: "Mengubah sepak bola menjadi real life video game"," kata @garistengah_id dikutip pada Selasa (22/8/2023).

Kings Leagues menjadi serius dan mulai diperkenalkan ke publik pada November 2022. Berjalannya waktu, Kings League edisi pertama resmi bergulir pada Januari 2023.

Kings League mengambil konsep Apertura dan Clausura di mana dalam satu musim, turnamen akan dibagi menjadi dua gelaran berbeda: Winter Split dan Summer Split. Liga ini berisikan 12 tim dari Spanyol dan masing-masing peserta akan saling bertemu.

Dua babak masing-masing 20 menit, sehingga total 40 menit per pertandingan. Setelah masing-masing memainkan 11 pertandingan, peringkat satu sampai 8 di klasemen akan masuk ke knockout stage. Mulai dari babak perempat final sampai final dan pada babak reguler, pertandingan diselenggarakan di Cupra Arena Barcelona.

"Sementara semifinal dan final Winter Split 2023 lalu diselenggarakan di Camp Nou. Untuk semifinal dan final Summer Split, diselenggarakan di Wanda Metropolitano," jelas akun tersebut.

Ukuran lapangan untuk Kings League juga terbilang kecil yaitu memakai ukuran lapangan mini soccer. Tim-tim yang akan berkompetisi di Kings League adalah tim buatan tokoh-tokoh sepak bola di Spanyol, atau seleb internet di sana.

Pada Winter Split lalu, tim berhak mendaftarkan 12 pemain. Jumlah bertambah menjadi 14 pada Summer Split. Dari 12 pemain yang didaftarkan, 10 di antaranya merupakan pemain inti. Sementara pemain ke-11 adalah pemain tamu (biasanya mantan pesepak bola pro) yang juga terdaftar dari awal sampai akhir. Pemain ke-12 juga pemain tamu. Bedanya, yang mengisi boleh berganti di setiap pertandingan.

"Uniknya, siapapun boleh bermain di Kings League. Mereka yang ingin ikut serta cukup mendaftar di web Kings League. Setelahnya, akan ada serangkaian tes sampai sang pemain resmi dinyatakan lolos," kata @garistengah_id. Setelah lolos, mereka akan dimasukkan ke draft untuk kemudian direkrut oleh klub.

Keunikan lain pada liga ini adalah pada kickoff jenis polo air, pemain berlari dari garis gawang masing-masing untuk merebut bola di tengah lapangan. Selain itu, nomor pemain tersedia dari 0 hingga 99 dan jika memperoleh kartu kuning berarti sang pemain harus menepi dua menit dari permainan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement