Selasa 03 Oct 2023 08:29 WIB

Pelatih Timnas U-24 Korut Justru Menilai Wajar Pemainnya Ngamuk ke Wasit Asian Games 2022

Pelatih Korut mendukung aksi para pemainnya.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kontingen Korea Utara di Asian Games 2022 Cina.
Foto: EPA-EFE/ALEX PLAVEVSKI
Kontingen Korea Utara di Asian Games 2022 Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Insiden kurang menyenangkan terjadi pada babak perempat final sepak bola putra Asian Games 2022 antara timnas Korea Utara (Korut) melawan timnas Jepang pada Ahad (1/10/2023) kemarin. Pemain Korut melakukan konfrontasi keras terhadap pemimpin pertandingan.

Dalam laga yang dimainkan di Xiaoshan Sports Center Stadium, Hangzhou, Korut terpaksa menelan pil pahit usai tunduk dari Jepang 1-2.

Baca Juga

Kedua gol tim Negeri Matahari Terbit tercipta melalui Kotaro Uchino menit ke-50 dan penalti Yuta Matsumura menit ke-80. Sedangkan gol penghibur Korut lahir lewat Kim Kuk Bom pada menit ke-74.

Persoalan terjadi ketika wasit asal Uzbekistan, Rustam Lutfullin meniupkan peluit di area kotak penalti kepada Korut setelah kiper Kang Juhyok dianggap menjegal Jun Nishikawa.

Keputusan itu membuat para pemain Korut marah bahkan hingga pertandingan berakhir. Setelah laga usai beberapa penggawa, termasuk kapten Jang Kuk Chol, Kim Pomhyok, Kim Kyong Suk menyerang wasit.

Pelatih Korut, Sin Yong Nam terpaksa harus berlari ke arah pemain yang tengah melakukan tekanan terhadap wasit Rustam Lutfullin. Dia memberi pembelaan kepada para pemain, yang menyebut tindakan itu seharusnya dapat dimaklumi.

"Saya akui pemain kami sedikit terlalu bersemangat dalam laga tersebut, tapi inilah sepak bola. Ada konfrontasi dalam pertandingan. Saya pikir perilaku kami bisa diterima," kata Sin Yong Nam sebagaimana dilansir Japan Times, Selasa (3/10/2023).

Pelatih Jepang Go Oiwa justru menolak mengomentari insiden tersebut, ia memilih untuk fokus dengan pencapaian timnya dan berupaya agar performa anak asuhnya terus meningkat.

"Pertandingan ini seperti yang kami harapkan. Ada beberapa hal yang tidak kami senangi dalam laga ini, tetapi pada dasarnya kami bisa menerimanya," kata dia.

Jepang praktis maju ke babak semifinal bersama dengan timnas Hong Kong yang secara mengejutkan menghempaskan timnas Iran 1-0.

Sedangkan, juara bertahan Korea Selatan melaju usai menang nyaman 2-0 versus tuan rumah China. Pun, dengan timnas Uzbekistan yang berhasil menang 2-1 dari Arab Saudi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement