Selasa 10 Oct 2023 07:00 WIB

Inovasi Kompetisi IBL: Tambah Pemain Asing, Home and Away, Salary Cap, dan Hapus Draf

Kompetisi IBL 2024 akan dimulai Januari atau Maret, tergantung rekomendasi pemerintah

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Direktur IBL, Junas Miradiarsyah.
Foto:

"Dengan salary cap inim kita tidak lagi membatasi gaji pemain asing, yang penting dalam setahun tidak melebihi batas maksimal. Tetapi jika ada klub yang melebihi akan ada aturan denda, misalnya jika klub lebih Rp 100 juta maka dendanya juga senilai atau. Namun kalau lebihnya di atas batas toleransi, bisa saja akan ada pengurangan poin," ujar Junas.

Tak Ada Draft Rookie

Rookie di IBL yang bisanya dilakukan melalui jalur draft juga akan dihilangkan musim depan. Sejauh pelaksanaannya memang belum ada rookie yang benar-benar bersinar yang didapat dari hasil Rookie Combine yang kemudian di draft. Justru banyak rookie binaan dari klub tersebut.

"Untuk rookie, tidak ada draft lagi. Kita bebaskan kepada klub. Dalam merekrutnya kita minta klub memiliki klub kelompok umur sebagai pembinaan. Jika klub tersebut belum punya klub binaan, bisa bekerja sama dengan klub lain di kota itu sebagai klub binaan," kata Junas.

Jika ada klub yang ingin merekrut pemain muda dari daerah yang tidak ada klub IBL, menurut Junas tidak boleh langsung. Namun, klub tersebut harus bekerja sama terlebih dulu menjadikan klub mereka sebagai penyedian pemain binaan. Selain itu IBL juga membolehkan rookie usia 18 tahun.

"Kalau sebelumnya usia minimal 19 tahun. Tetapi tahun ini boleh 18 tahun. Siapa tahu ada pemain seperti Kobe Bryant dulu saat masuk NBA usia 18 tahun. Namun syaratnya, dia harus dimainkan dengan aturan sekian menit waktu bermainnya. Jadi bukan direkrut kemudian tidak dimainkan sama sekali," tegasnya.

IBL yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-20 menurut Junas tidak ragu untuk terus melakukan inovasi agar selalu lebih baik. "Kami ingin liga ini terus lebih baik, industri olahraga tercipta, klub maju, dan anak muda tak ragu memilih pemain basket sebagai profesi. Saat ini sudah mulai terlihat." 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement