Kamis 18 Apr 2024 16:52 WIB

Fakta-Fakta Penting yang Tercipta Setelah Munchen Hentikan Langkah Arsenal di Jerman

Arsenal kesulitan membuat gol ke gawang Munchen.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten Arsenal Martin Odegaard tampak kecewa seusai laga melawan Munchen, Kamis (18/4/2024).
Foto: AP Photo/Christian Bruna
Kapten Arsenal Martin Odegaard tampak kecewa seusai laga melawan Munchen, Kamis (18/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MUNICH -- Bayern Munchen menunjukkan kematangan mental saat bertemu Arsenal pada perempatfinal Liga Champions musim ini. Munchen melaju ke tahap selanjutnya setelah unggul agregat 3-2 atas the Gunners.

Joshua Kimmich menjadi pahlawan FC Bayern pada leg kedua perempat final Liga Champions musim 2023/24. Wakil Jerman itu unggul 1-0 atas the Gunners di Allianz Arena, Munich, Kamis (18/4/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Hasil demikian sudah cukup meloloskan Munchen ke babak empat besar. Sebelumnya, pada leg pertama di London, skor berkesudahan imbang 2-2. Die Roten melaju berkat keunggulan agregat 3-2.

Pada laga yang baru saja berlangsung, Kimmich mencetak gol tunggal kemenangan tuan rumah. Sundulannya di menit ke-63, menggetarkan jala David Raya. Sang raksasa berpesta.

FC Bayern jumpa Real Madrid di semifinal. Madrid menyingkirkan Manchester City. Sebuah partai klasik berlangsung di babak empat besar.

Sebelum menuju bigmatch itu, perhatian penikmat sepak bola masih tertuju pada duel di Allianz Arena. Thomas Tuchel menunjukkan kejelian dalam meramu taktik. Dikutip dari laman resmi UEFA, berikut sejumlah fakta yang tercipta setelah pertandingan tersebut:

 

* Bayern Munchen meraih lima kemenangan dalam tujuh pertandingan kandang terakhir melawan Arsenal di pentas Eropa. 

 

* Secara keseluruhan, Munchen mengoleksi delapan kemenangan dalam 14 pertemuan kontra Arsenal di semua kompetisi. Selebihnya, FC Bayern merasakan kekalahan dan mendapat hasil imbang, masing-masing di tiga laga.

 

* Ini ke-13 kalinya Bayern Munchen mencapai semifinal Liga Champions. FC Bayern hanya berada di belakang Real Madrid (17).

 

* Kiper Bayern Munchen, Manuel Neuer sudah 58 kali tidak kebobolan di pentas Liga Champions. Itu rekor tertinggi di kompetisi ini. Neuer melewati  pencapaian Iker Casillas.

 

* FC Bayern mencapai semifinal Liga Champions pertama sejak terakhir kali melakukannya pada 2020 silam. Empat tahun lalu, Die Roten finis di posisi teratas alias juara.

 

* Joshua Kimmich sudah mencetak tujuh gol di Liga Champions. Sebanyak lima di antaranya, tercipta di babak sistem gugur.

 

* Bayern menyusul Borussia Dortmund ke babak empat besar Liga Champions  musim ini. Ketiga kalinya ada dua klub Jerman menembus semifinal kompetisi terelit Eropa, setelah musim 2012/13, dan 2019/20.

 

* Bayern Munchen tak terkalahkan dalam 15 pertandingan kandang terakhir, pada ajang Liga Champions. Perinciannya, FC Bayern meraih 12 kemenangan dan mendapat tiga hasil imbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement