Jumat 25 Feb 2011 06:56 WIB

Gol Menit Akhir Loloskan Liverpool dan Rangers

Dirk Kuyt merayakan golnya ke gawang Sparta Praque
Foto: AP
Dirk Kuyt merayakan golnya ke gawang Sparta Praque

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS--Gol menit ke-86 yang dicetak Dirk Kuyt menyebabkan Liverpool menang tipis 1-0 atas Sparta Prague, Kamis, sehingga membawa tim lima kali juara Eropa itu ke putaran 16 besar kompetisi Liga Eropa. Liverpool mendominasi permainan melawan klub dari Ceko itu, tidak seperti laga leg pertama dimana mereka harus berjuang keras menghadapi tekanan lawannya.

Raul Meireles menyia-nyiakan bola yang melayang dari Martin Kelly pada babak pertama sedangkan striker Prancis David Ngog merpakan salah satu pemain Liverpool yang merasa frustrasi menghadapi penjaga gawang Jaromir Blazek pada babak kedua. Dalam perebutan bola di daerah pojok kiri lapangan, Meireles berhasil menguasai bola dan meneruskannya dengan cepat kepada Kuyt dan yang terakhir ini menyontekkan bola ke arah pojok kanan gawang.

Pada putaran 16 besar, Liverpool akan berhadapan dengan Lech Poznan atau Sporting Braga.

Pada pertandingan lain, momen "injury time" amat dramatis dimanfaatkan pemain tengah internasional Amerika Maurice Edu sehingga kedudukan Rangers 2-2 di Sporting Lisbon, menyebabkan klub raksasa dari Skotlandia itu lolos karena keuntungan gol tandang.

 

Setelah mantan pemain Rangers Pedro Mendes menyamakan kedudukan dari gol awal El Hadji Diouf pada laga di Stadion Jose Alvalade, pada menit ke-83 gebrakan Yannick Djalo kelihatan akan membuat tim Portugal itu tampil sebagai pemenang. Namun Rangers melancarkan serangan akhir pada menit ke-92 dan ketika David Healy menerima umpan datar dari rusuk kanan Rangers, Edu dengan cekatan menerima operan temannya dan meneruskan ke dalam gawang lawan.

Pertandingan lanjutan anak asuh Walter Smith itu adalah PSV Eindhoven, yang menang 3-1 di kandang atas pimpinan kompetisi Liga Prancis Lille, dengan hasil akhir agregat 5-3. Mantan pemain sayap Celtic Aiden McGeady memupus harapan tim Basel yang bangkit lagi dengan gol pada menit akhir pada laga imbang 1-1 di kandang sendiri lawan Spartak Moscow, sehingga unggul agregat 4-3.

Sementara itu Michael Ballack mencetak gol pertamanya sejak tampil lagi dari cedera, ketika Bayer Leverkusen melengkapi kemenangan agregat 6-0, setelah menang 2-0 di kandang atas Metalist Kharkiv dari Ukraina. Pada pertandingan lainnya, juara 2008 Zenit Saint-Petersburg mengamankan tempat mereka pada putaran 16 besar setelah sempat kecolongan dan akhirnya berhasil mengalahkan klub dari Swiss Young Boys 3-1, setelah sebelumnya mengalami defisit 1-2 pada pertandingan leg pertama.

Porto, juara 2003, melaju dengan keunggulan gol tandang kendati kalah 0-1 di kandang atas Sevilla, sedangkan CSKA Moscow melengkap hasil agregat 2-1 atas klub dari Yunani, PAOK, Selasa.

Pada pertandingan Kamis pukul 2005 GMT, tim raksasa yang banyak mengeluarkan uang dalam kompetisi Liga Inggris, Manchester City, akan menjamu Aris Salonika di Stadion City of Manchester pada lanjutan pertandingan awal yang masih berada di jalan buntu. Gol juga masih belum terjadi pada pertandingan Villarreal v Napoli, menjelang laga leg kedua di kandang tim Spanyol, El Madrigal.

sumber : antara/AFP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement