Kamis 08 Feb 2018 07:43 WIB

Pembalap Malaysia Ini Gantikan Jonas Folger di MotoGP

Syahrin sempat menginjak sejumlah podium di Moto2.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
Hafizh Syahrin
Foto: EPA/Roman Rios
Hafizh Syahrin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Malaysia Hafizh Syahrin menggantikan Jonas Folger di Yamaha Tech-3 tahun ini. Ia menjadi satu-satunya pembalap Asia Tenggara yang melaju di kelas balap MotoGP dan akan menjadi rekan satu tim Johann Zarco.

Pada 16-18 Februari 2018, tim MotoGP kembali melakukan tes uji coba di Sirkuit Internasional Buriram, Thailand. Bos Yamaha Tech-3, Herve Poncharal mengatakan tim satelit Yamaha itu bersepakat mengajak pembalap 23 tahun tersebut menjadi pilot Yamaha M1 untuk pertama kalinya di Buriram.

"Saya bahagia dan merasa terhormat bahwa Syahrin akan ikut uji coba bersama kami di Buriram. Ia memang belum memiliki pengalaman di MotoGP, tapi tahun ini bukankah Luthi, Morbidelli, dan Nakagami juga baru mencobanya perdana?" kata Poncharal dilansir dari Speedweek, Kamis (8/2).

Sama seperti Zarco dan Folger tahun lalu, setiap pendatang baru (rookie) pastinya masuk ke kelas tertinggi suatu hari nanti. Poncharal mengatakan, Folger memutuskan pensiun dari dunia balap karena alasan kesehatan sehingga tim harus mencari penggantinya.

"Setelah uji coba di Sepang, kami berdiskusi alot dan akhirnya memutuskan Syahrin adalah pilihan tepat bagi kami. Ia berasal dari Malaysia dan saya yakin ia akan menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata orang Prancis ini.

Syahrin sempat menginjak sejumlah podium di Moto2. Ia menyelesaikan kejuaraan dunia Moto2 2016 dan 2017 di posisi 10 besar. Ini merupakan pencapaian terbesar pembalap Asia sejauh ini. "Bagi saya, jauh lebih penting membangun pembalap-pembalap muda ketimbang menandatangani kontrak dengan pembalap yang sudah punya nama besar," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement