Kamis 22 Feb 2018 05:50 WIB

Pembalap Malaysia Ini tak Lama Lagi Berpacu di MotoGP

Syahrin meraih tiga podium di Moto2 dan finis di posisi 10 klasemen akhir Moto2.

Hafizh Syahrin
Foto: EPA/Roman Rios
Hafizh Syahrin

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pembalap Malaysia Hafizh Syahrin dipastikan membela tim Yamaha Tech3 di ajang balap motor MotoGP musim ini. Ia menjadi pengganti pembalap Jerman Jonas Folger yang kurang bugar.

Tim Yamaha Tech3 mengumumkan penandatanganan kontrak mantan pembalap Moto2 tersebut pada Rabu (21/2). Hafizh yang kini berusia 23 tahun itu akan bermitra dengan pembalap asal Prancis Johann Zarco. Ini akan menjadikannya debutan penuh waktu di ajang MotoGP.

"Saat tersulit sejak kami mendengar Jonas Folger, yang sayangnya dia memutuskan untuk tidak balapan pada musim 2018 demi menjaga kesehatannya dan mencoba pulih sepenuhnya," kata manajer tim Herve Poncharal dalam sebuah pernyataan.

Poncharal mengaku sudah lama berproses untuk menemukan seseorang pengganti Folger. "Di Sepang saya bertemu (Kepala Eksekutif Sirkuit Malaysia) Razlan Razali, kami baru saja berbincang dan sekarang Anda juga memiliki ide gila, kadang-kadang justru dari merekalah diperoleh hasil yang terbaik."

Syahrin telah meraih tiga podium di Moto2, dengan posisi kedua di San Marino Grand Prix tahun lalu, sebagai hasil terbaiknya. Ia finis di posisi ke-10 dalam klasemen keseluruhan kejuaraan MotoGP dan dijadwalkan akan melanjutkan lagi kiprah bersama tim yang dipimpin oleh Razali. Ia pun telah diuji dengan tim non-kerja Tech3 di Thailand pada pekan lalu.

Razali memuji penandatanganan tersebut sebagai pengumuman dan pencapaian terbesar bagi pembalap Malaysia setelah lebih dari 26 tahun Malaysia menjadi tuan rumah MotoGP. "Ini juga merupakan berita fantastis untuk kawasan Asia," kata pria berkebangsaan Malaysia itu. "Saya juga harus mengucapkan terima kasih kepada Herve Poncharal atas kesempatan ini, keyakinan, dan kepercayaannya pada Hafizh."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement