Sabtu 21 Dec 2019 14:42 WIB

Mou Ingin Eriksen dan Verthongen Ikuti Jejak Alderweireld

Keputusan seorang pemain bertahan di sebuah klub dipengaruhi beberapa faktor.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho.
Foto: Matt Dunham/AP
Pelatih Tottenham Hotspur Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, baru saja mengalami sedikit kelegaan. Itu karena keputusan yang diambil oleh Toby Alderweireld.

Bek asal Belgia itu menandatangani perpanjangan kontrak di Spurs hingga 2023. Sebelum ada kesepakatan baru, kontrak Alderweireld berakhir pada musim panas 2020.

Dalam pernyataannya, eks Atletico Madrid mengaku nyaman berkostum Tottenham. Sehingga yang bersangkutan tidak menemukan alasan untuk berganti tim.

"Pernyataan Toby sangat indah. Luar biasa," kata Mourinho, dikutip dari Mirror, Sabtu (21/12).

Ini musim kelima jebolan akademi Ajax bermarkas di London Utara. Sejauh itu, ia tampil dalam 181 laga di berbagai ajang dan mencetak enam gol.

Masih ada dua nama yang masa depannya belum jelas di Spurs, yalni Christian Eriksen dan Jan Verthongen. Jika tak ada negosiasi lanjutan, baik Eriksen maupun Verthongen bakal menjadi agen bebas pada Juni 2020. Bahkan sejak bulan depan, keduanya bisa menjalin prakontrak dengan klub lain.

Ketika ditanya apakah Mourinho ingin Eriksen dan Verthongen mengikuti jejak Alderweireld, sang arsitek tim mengiyakan. Namun ia tidak bisa memaksakan keadaan.

Menurut Mourinho, keputusan seorang pemain dipengaruhi beberapa faktor. Pertama dari individu itu sendiri. Kemudian klub, keluarga, dan agen.

"Jika salah satu dari bagian-bagian tersebut tidak menginginkannya, sangat sulit mewujudkan agar si pemain bertahan," jelas eks juru taktik Manchester United, Real Madrid, Inter Milan, Chelsea, dan FC Porto itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement