Senin 30 Dec 2019 03:45 WIB

City Kembali ke Jalur Kemenangan, Taklukkan Sheffield 2-0

Kemenangan City diwarnai protes pemain Sheffield dan bantuan tinjauan VAR.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Israr Itah
Penyerang Manchester City Sergio Aguero (kiri) mencetak gol pertama kemenangan timnya atas Sheffield United 2-0.
Foto: EPA-EFE/LYNNE CAMERON
Penyerang Manchester City Sergio Aguero (kiri) mencetak gol pertama kemenangan timnya atas Sheffield United 2-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City kembali ke jalur kemenangan dengan menaklukkan Sheffield United 2-0 dalam laga pekan ke-20 Liga Inggris di Stadion Etihad, Senin (30/12) dini hari WIB. Hasil ini membuat City kini hanya terpaut satu angka dari Leicester City di posisi kedua dan 14 poin dari Liverpool yang memuncaki klasemen sementara Liga Inggris.

City tampil di depan pendukungnya setelah menderita kekalahan mengejutkan 2-3 dari Wolverahampton Wanderers tengah pekan lalu. Kekalahan itu tampaknya mempengaruhi permainan City yang tampil kurang menggigit pada babak pertama. Tak ada satu pun usaha the Citizens tepat sasaran dalam 45 menit awal.

Baca Juga

Namun semuanya berubah pada babak kedua. City membuka keunggulan dengan tembakan pertama tepat sasaran yang dibuat oleh Sergio Aguero pada menit ke-53. Mendapatkan umpan terobosan matang dari Kevin De Bruyne, Aguero yang berada di sisi kiri pertahanan Sheffield melepas tendangan keras ke pojok atas tiang dekat untuk menaklukkan kiper Dean Henderson.

Gol ini digugat oleh para pemain Sheffield. Sebab, sebelum De Bruyne melepas operan presisi ke Aguero, bola berawal dari operan pemain Sheffield John Fleck yang mengenai wasit Chris Kavanagh sehingga berubah arah. De Bruyne sigap memaksimalkan peluang tersebut. Namun sang pengadil tetap mengesahkan gol Aguero. 

De Bruyne kemudian memastikan tiga poin untuk City lewat gol pada menit ke-82. Ia memaksimalkan operan Riyad Mahrez dari serangan balik.

Sheffield pantas kecewa dengan hasil ini. Sebab pada menit ke-28 mereka lebih dulu menjebol gawang tuan rumah. Namun lewat review VAR, gol Lys Mousett dianulir karena dinilai dalam posisi offside sebelum menjebol gawang Claudio Bravo.

Mousett juga membuang peluang ketika tinggal berhadapan dengan Brav, tapi tendangannya menyamping. Kemudian percobaan pemain pengganti Sheffield Billy Sharp menjelang laga berakhir juga hanya mengenai tiang.

Hasil ini membuat posisi Sheffield kini turun ke posisi delapan dengan nilai 29. Ini juga menjadi catatan kekalahan pertama Sheffield pada laga tandang Liga Inggris musim ini. Sejak promosi dari Divisi Championship, Sheffield sebelumnya mengoleksi enam hasil imbang dan tiga kemenangan pada laga tandang sebelum tumbang di markas City.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement