Rabu 24 Mar 2021 17:01 WIB

Stones Akui Sempat Gugup Tunggu Panggilan Timnas Inggris

Stones kehilangan tempat di timnas Inggris usai dinilai mengalami penurunan performa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 John Stones dari Manchester City mengontrol bola.
Foto: Gareth Copley / Pool via AP
John Stones dari Manchester City mengontrol bola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bek tengah Manchester City, John Stones, akhirnya kembali dipercaya memperkuat timnas Inggris setelah absen selama dua tahun, tepatnya sejak November 2019 silam. Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menyertakan Stones dalam daftar 26 pemain di skuad Inggris pada tiga laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, akhir bulan ini.

Stones kehilangan tempat di timnas Inggris usai dinilai mengalami penurunan performa dalam dua musim terakhir. Stones juga sempat kehilangan posisi utama di jantung pertahanan the Citizens. Pada musim lalu, Stones hanya tercatat tampil di 24 laga di semua ajang.

Namun, pada musim ini, bek tengah berusia 26 tahun itu terbukti mampu bangkit. Seiring dengan kehadiran Ruben Dias pada awal musim ini dan cedera yang menimpa Aymeric Laporte, Stones menjadi andalan baru di jantung pertahanan the Citizens. Hingga memasuki paruh kedua musim ini, Stones telah tampil di 26 laga di semua ajang.

Tidak hanya itu, Stones juga berhasil mencatatkan lima gol pada musim ini. Torehan ini merupakan koleksi gol terbanyak Stones sejak resmi bergabung bersama City pada 2016 silam.

Dengan catatan performa ini, Stones pun dianggap layak untuk bisa kembali memperkuat timnas Inggris. Kendati begitu, eks bek tengah Everton itu mengaku sempat gugup dan cemas saat menunggu detik-detik pengumuman skuad Inggris di tiga laga babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

''Saya sangat gugup pada saat itu. Saya telah bekerja begitu keras sejak awal musim, dan saya mendengar orang mulai berkata,'Anda layak berada di timnas'. Namun, saya tidak mau terpengaruh. Saya benar-benar menunggu hingga pengumumam resmi dan panggilan dari FA datang,'' ujar Stones seperti dilansir BBC, Rabu (24/3).

Stones pun menyebut, kesempatan untuk bisa kembali memperkuat timnas Inggris adalah momen spesial. Ia siap membayar kepercayaan Gareth Southgate tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Stones berharap bisa tampil di tiga laga yang bakal dilakoni the Three Lions, tepatnya saat menghadapi San Marino, Albania, dan Polandia di penyisihan Grup I babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

''Saya telah mempersiapkan diri untuk kesempatan ini. Itu adalah momen spesial karena saya sudah begitu lama tidak mengenakan seragam timnas. Saya harap, saya bisa melakukannya lagi dan tampil di laga mendatang,'' kata mantan bek tengah Barnsley tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement