Jumat 18 Jun 2021 23:11 WIB

Adu Gengsi dan Prestasi, Sengitnya Derbi J League Musim Ini

Pada ajang J1 League musim ini, setidaknya ada delapan laga derbi.

Laga derbi J1 League antara Kawasaki Frontale (biru hitam) dengan FC Tokyo (putih biru).
Foto:

Derbi Nasional

Urawa Red Diamonds vs Gamba Osaka

Duel Urawa Red Diamonds vs Gamba Osaka juga disebut duel dua mata angin. Hal ini karena Urawa Reds yang berasal dari Timur dari Prefektur Saitama, melawan Gamba dari Barat yang berasal dari Prefektur Osaka. Kedua tim berasal dari dua kota metropolitan besar di Jepang: Greater Tokyo Area di Timur dan Keihanshin Area di Barat.

Duel ini dianggap sebagai derbi nasional karena prestasi dan nama besar yang dimiliki keduanya. Sebelum tahun 2007, klub-klub Liga Jepang mentok hanya bisa sampai babak grup Liga Champions Asia. Urawa Reds dan Gamba Osaka adalah dua tim Jepang pertama yang bisa menaklukkan kompetisi ini.

Urawa Reds lebih dulu, mereka juara Liga Champions Asia pada 2007 dengan mengalahkan Sepahan di partai puncak. Perjalanan mereka juga dihiasi dengan melawan Persik Kediri di babak grup musim itu.

Semusim berselang, Gamba Osaka berhasil jadi juara Liga Champions Asia. Mereka juara usai mengalahkan Adelaide United di partai final usai menyingkirkan Urawa Reds di semifinal.

Di kancah lokal, Gamba Osaka dua kali juara J1 League, sedangkan Urawa Reds satu kali. Alasan-alasan ini yang membuat duel kedua tim sering disebut sebagai Derbi Nasional di Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement