Sabtu 14 Aug 2021 21:16 WIB

5 Tim J League yang Pernah Lawan Wakil Indonesia di LCA

Ada lima tim J league yang pernah berlaga melawan tim-tim asal Indonesia di LCA.

Pemain asing PSM Makassar Osvaldo Moreno (kanan) mengejar bola dalam laga Liga Champions Asia (LCA).
Foto:

3. Urawa Red Diamonds vs Persik Kediri

Pertemuan: Grup E Liga Champions Asia 2007

7 Maret 2007 - Urawa Reds 3-0 Persik Kediri

9 Mei 2007 - Persik Kediri 3-3 Urawa Reds

Pada tahun yang sama dengan Kawasaki Frontale vs Arema Malang, Persik Kediri juga menghadapi wakil Jepang lainnya, Urawa Red Diamonds. Persik yang merupakan juara Liga Indonesia 2006, tergabung di grup E bersama Urawa Reds, Sydney FC (Australia), dan Shanghai Shenhua (Cina).

Persik punya trio legendaris di depan saat itu: Cristian Gonzales, Ronald Fagundez, dan Danilo Fernando. Ditambah "Si Ular Piton" Budi Sudarsono, Aris Indarto, Kurnia Sandy, hingga Erol FX Iba.

Pada laga matchday pertama di Jepang, Persik kalah telak dengan skor 0-3 lewat gol Nobuhisa Yamada (12'), Yuichiro Nagai (45'), dan bintang timnas Jepang, Shinji Ono (76').

Sedangkan saat bertemu lagi pada matchday kelima dan bermain di Indonesia, Persik lebih baik. Meski saat itu harus menggunakan Stadion Manahan, Solo, sebagai kandang, mereka menahan imbang Urawa Reds 3-3.

Urawa Reds mencetak gol lewat Ono (9'), Robson Ponte (50'), dan Yuki Abe (62'), sedangkan Persik mencetak gol lewat brace Cristian Gonzales (23', 31') dan gol Budi Sudarsono (83').

Sama seperti Arema, Persik hanya menempati pos ketiga klasemen, tetapi berhasil mengoleksi tujuh poin. Sedangkan Urawa Reds jadi pemuncak grup, lolos ke babak gugur, hingga kemudian sampai jadi juara Liga Champions Asia 2007.

4. Kashima Antlers vs Persipura Jayapura

Pertemuan: Grup F Liga Champions Asia 2010

24 Maret 2010 - Kashima Antlers 5-0 Persipura

30 Maret 2010 - Persipura 1-3 Kashima Antlers

Persipura Jayapura sebagai juara Liga Indonesia 2008-2009 langsung lolos ke babak grup Liga Champions Asia 2010 dan tergabung bersama Kashima Antlers (Jepang), Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan), dan Changchun Yatai (Cina) di grup F.

Tim asuhan Jacksen F Tiago saat itu diisi nama-nama beken seperti Ricardo Salampessy, Bio Paulin, Yustinus Pae, Ortizan Solossa, Boas Solossa, Beto Goncalves, Eduard Ivakdalam, hingga Jendri Pitoy.

Meski begitu, penampilan mereka di Liga Champions Asia cukup mengecewakan dengan jadi juru kunci grup, serta sempat kalah 0-9 dari Changchun Yatai. Persipura melawan Kashima Antlers pada matchday ketiga dan keempat yang berjarak hanya sepekan.

Pertemuan pertama di Jepang berakhir dengan kemenangan 5-0 untuk tuan rumah dengan gol-gol dari Toru Araiba (39'), Marquinhos (45', 76'), Mitsuo Ogasawara (66'), dan Yuya Osako (68'). Pada pertemuan kedua yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai kandang Persipura, tim Asal Jayapura itu kalah 1-3 lewat gol Yasushi Endo (2'), Shinzo Koroki (26'), dan Atsuto Uchida (34'), hanya bisa membalas melalui gol Yustinus Pae (19').

Persipura jadi juru kunci, sedangkan Kashima Antlers jadi pemuncak grup, lolos ke fase gugur, terhenti di babak 16 besar oleh Pohang Steelers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement