Sabtu 20 Nov 2021 19:02 WIB
...

Ujian Sesungguhnya Kebangkitan Arsenal

Kesabaran dan tidak kehilangan fokus menjadi kunci Arsenal keluar dari periode buruk.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta.
Foto:

Kesuksesan yang diraih Liverpool dalam tiga musim terakhir, termasuk raihan trofi Liga Champions dan titel Liga Primer Inggris, tidak bisa dilepaskan begitu saja dari performa the Reds kala melakoni laga kandang.

Di pentas Liga Champions, Stadion Anfield menjadi kuburan buat mimpi Barcelona untuk melangkah ke partai final musim 2018/2019. Keunggulan tiga gol di leg pertama menguap saat Barcelona menyerah, 0-4, di Anfield.

Sementara di pentas Liga Primer Inggris, Liverpool tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhir di Anfield. Bersama Cystal Palace, Liverpool menjadi tim yang belum merasakan kekalahan di laga kandang di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Sementara buat Arsenal, lima lawatan terakhir ke Stadion Anfield di arena Liga Primer Inggris selalu berujung dengan kekalahan. The Gunners harus jauh menarik memorinya hingga ke paruh pertama musim 2011/2012 untuk mengingat kembali kemenangan terakhir di stadion berkapasitas 53 ribu penonton itu.

Dua gol, yang masing-masing dicetak Santi Cazorla dan Lukas Podolski, membawa Arsenal mencuri tiga angka di laga itu. Arteta, yang saat itu, masih merumput dan diturunkan sebagai starter masih ingat betapa sulitnya meraih kemenangan di Anfield.

''Selalu menjadi ujian besar saat bertandang ke Anfield. Anda harus benar-benar berada dalam kondisi terbaik dan meningkatkan standar ke level maksimal, baik secara fisik, mental, taktik, dan teknik. Jika tidak, maka Anda akan dengan mudah menelan kekalahan. Anda harus siap menderita saat tampil di sana,'' ujar Arteta seperti dikutip Sky Sports.

Kemampuan ini pula yang diharapkan Arteta dari penampilan anak-anak asuhnya di laga pertama pasca-jeda internasional ketiga pada musim ini tersebut. Bukan hanya soal mengakhiri rekor buruk di Anfield, kemenangan di laga ini juga bakal mendongkrak posisi Arsenal di papan klasemen sementara.

Bahkan, Arsenal dapat menembus empat besar dan menggeser Liverpool, yang hanya unggul dua poin. Akhirnya, lewat kemenangan atas salah satu kandidat terkuat peraih gelar Liga Primer Inggris itu dapat menjadi sinyal paling jelas soal kembalinya Arsenal di papan atas klasemen sementara, seraya membuktikan torehan tidak terkalahkan di delapan laga terakhir bukan raihan kebetulan dan kebangkitan itu bukanlah kebangkitan semu belaka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement