Jumat 17 Dec 2021 00:29 WIB
...

Dilema Liga Primer Inggris Terkait Kemungkinan Penghentian Sementara Kompetisi

Hingga kini setidaknya sudah ada tiga partai Liga Primer Inggris yang harus ditunda.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 (FILE) - Seorang pria yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati logo Liga Primer Inggris di London, Inggris, 29 Mei 2020 (diterbitkan ulang pada 14 Desember 2021). Liga Primer Inggris pada 14 Desember 2021 melaporkan bahwa 42 pemain dan staf klub telah dinyatakan positif mengidap Covid-19.
Foto:

Eks penyerang timnas Inggris, Daren Bent, mendesak otoritas penyelenggara Liga Primer Inggris dan Pemerintah Inggris untuk segera memutuskan nasib kompetisi pada musim ini. Apapun keputusan yang diambil otoritas berwenang, lanjut Bent, keputusan itu harus berdasarkan keselamatan para pemain dan staf.

''Mereka selalu berbicara soal varian baru Covid-19. Betapa kuatnya varian baru itu dan memiliki tingkat penyebaran yang lebih tinggi. Namun, daripada terus berbicara soal virus ini, akan lebih baik buat mereka untuk segera memutuskan nasib kompetisi ini. Mereka harus begerak lebih cepat dari penyebaran virus tersebut. Menurut saya, pada musim 2019/2020, mereka terlalu lamban dalam mengambil keputusan,'' ujar Bent seperti dikutip Talk Sports, Kamis (16/12).

Kendati begitu, ada dilema tersendiri yang dihadapi Liga Primer Inggris terkait keputusan penundaan kompetisi. Di satu sisi, Liga Primer Inggris tentu ingin mengedepankan kondisi kesehatan pemain dan staf dari klub-klub kontestan.

Namun, di sisi lain, penundaan kompetisi pada saat ini akan meninggalkan pekerjaan rumah besar buat Liga Primer Inggris untuk menyusun kembali jadwal kompetisi. Periode Desember 2020 hingga Januari 2021 diketahui merupakan periode tersibuk Liga Primer Inggris musim ini.

Selama periode tersebut, satu tim setidaknya akan melakoni tujuh partai liga, termasuk laga Boxing Day. ''Artinya, Liga Primer Inggris harus menemukan periode tersendiri untuk bisa menggantikan laga-laga tunda tersebut pada sisa waktu kompetisi musim ini,'' tulis laporan Talk Sports.

Faktor lain yang harus dipertimbangkan Liga Primer Inggris adalah kemungkinan molornya gelaran musim kompetisi 2021/2022. Sepanjang tahun 2022 akan menjadi periode yang sangat sibuk.

Belum lagi dengan penyesuaian jadwal kompetisi di liga-liga Eropa pada musim 2022/2023 menyusul gelaran putaran final Piala Dunia 2022, yang bakal dihelat pada November hingga Desember 2022 di Qatar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement