Jumat 11 Mar 2022 16:24 WIB
...

Mbappe, Haaland, Lewandowski, dan Kane, Para Striker Top Eropa yang Terus Diburu

Kemampuan cetak gol membuat 4 striker itu jadi rebutan klub besar Eropa musim depan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski (kanan) dan striker Borussia Dortmund Erling Haaland diprediksi menjadi rebutan klub-klub elite Eropa musim depan..
Foto:

2. Erling Haaland

Penyerang asal Norwegia ini bisa dibilang salah satu prospek terpanas di bursa transfer pemain. Ketajaman dan konsistensi performa Haaland menjadi pangkal ketertarikan klub-klub besar Eropa terhadapnya.

Kemampuan ini pula yang ditunjukkan Haaland saat hijrah ke Borussia Dortmund pada 2020. Secara khusus, pada musim ini, Haaland telah mencetak 23 gol dan enam assist dari 20 laga di semua ajang.

Penyerang berusia 21 tahun itu tercatat telah mencetak 80 gol dari 79 penampilan di level klub. Rataan gol ini tentu begitu impresif apabila meniliki usia Haaland, yang baru menginjak 21 tahun.

Alhasil, tidak hanya dinilai bisa memberikan kontribusi langsung di atas lapangan, perekrutan mantan penyerang RB Salzburg ini juga dianggap sebagai investasi yang menguntungkan pada masa mendatang. Manchester City, Real Madrid, Bayern Muenchen, dan PSG menjadi klub-klub yang terus memantau situasi Haaland di Dortmund, yang dikabarkan memiliki nilai klausa pelepasan sebesar 63 juta poundsterling dan dapat diaktifkan pada musim awal musim ini.

3. Robert Lewandowski

Setidaknya dalam tiga musim terakhir, Lewandowksi bisa dibilang menjadi salah satu penyerang paling subur di pentas sepak bola Eropa. Konsistensi performa menjadi keunggulan penyerang berusia 33 tahun tersebut.

Setelah memecahkan berbagai rekor di pentas Bundesliga Jerman, Lewandowksi terus mengundang decak kagum dengan kemampuannya menjadi penyelesai serangan yang efektif. Eks striker Borussia Dortmund itu pun kembali menunjukkan ketajamannya di depan mulut gawang lawan pada musim ini.

Hingga sejauh musim ini berjalan, Lewandowksi telah mengemas 42 gol dan empat assist dari 35 penampilan di semua ajang. Peraih penghargaan pemain terbaik FIFA dalam dua tahun terakhir itu pun dikabarkan mulai mempertimbangkan untuk meninggalkan Bayern Muenchen, klub yang sudah dibelanya sejak 2014 silam.

Keinginan Lewandowksi ini coba dimanfaatkan oleh klub-klub besar Eropa, terutama kontestan Liga Primer Inggris. Manchester City, Manchester United, dan Chelsea dilaporkan berminat memboyong Lewandowski. Namun, klub-klub peminat Lewandowski sepertinya harus menyiapkan dana selangit untuk bisa menebus tops skorer Bundesliga dalam empat musim terakhir tersebut.

4. Harry Kane

Kane sebenarnya mengawali musim ini dengan cukup mengecewakan. Kegagalan hijrah ke Manchester City dinilai mempengaruhi performa penyerang asal Inggris tersebut.

photo
Penyerang Tottenham Harry Kane berselebrasi setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Tottenham Hotspur dan Everton di Stadion Tottenham Hotspur, London, Senin, 7 Maret 2022. - (AP/Ian Walton).

 

Kendati begitu, Kane sepertinya mulai menemukan kembali performa terbaiknya. Kane telah mencetak lima gol dari empat laga terakhirnya di pentas Liga Primer Inggris.

Setelah hanya mencetak lima gol pada paruh kedua 2021, striker berusia 28 tahun itu diklaim menjadi penyerang paling efektif di pentas Liga Primer Inggris pada 2022. Kane terlibat langsung dalam delapan gol Tottenham Hotspur di arena Liga Primer Inggris pada 2022.

The Citizens kabarnya masih belum berhenti untuk bisa mendapatkan Kane. Setelah gagal merekrut Kane pada awal musim ini, manajemen the Citizens agaknya akan kembali berusaha mendatangkan pada jendela transfer awal musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement