Sabtu 12 Mar 2022 00:08 WIB

Mascherano Masih Rasakan Sensasi Luar Biasa Bermain di Final Piala Dunia

Mascherano tampil di empat Piala Dunia bersama tim nasional Argentina.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Mantan pemain timnas Argentina, Javier Mascherano.
Foto: AP Photo/Ricardo Mazalan
Mantan pemain timnas Argentina, Javier Mascherano.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Javier Mascherano termasuk pesepak bola kelas atas dalam dua dekade terakhir. Kini ia telah gantung sepatu.

Ia menikmati kejayaan pada salah satu era terbesar Barcelona. Ia juga tampil di empat Piala Dunia bersama tim nasional Argentina. Berbagai fakta demikian memberinya kesempatan tampil di sejumlah pertandingan penting.

Baca Juga

Mascherano sudah merasakan semua trofi dalam balutan kostum Barca. Tapi tampil membela negara, mengandung sensasi berbeda. Ia masih mengingat momen terbesar dalam kariernya saat berseragam La Albiceleste.

"Bagi pesepak bola mana pun, bermain di Piala Dunia adalah impian tertinggi. Mampu tampil di final Piala Dunia adalah kenangan luar biasa," kata sosok kelahiran San Lorenzo itu dalam episode terbaru FIFA World Cup Magazine Show, dikutip dari sbs.com.au, Jumat (11/3/2022).

Mascherano memiliki rekan setim dengan kualitas berkelas di lini depan. Ia bermain bersama Sergio Aguero, Gonzalo Higuain, dan Angel di Maria. Tak ketinggalan ada Lionel Messi di sana.

Pada Piala Dunia 2014, Argentina melaju mulus ke final. Dalam perjalanan ke partai puncak, Argentina menumbangkan Swiss, Belgia, dan Belanda di babak sistem gugur. Sayang, pada laga perebutan trofi, La Albiceleste ditaklukkan Jerman.

Pupus impian Mascherano meraih kejayaan tertinggi di level timnas. Namun ia tak pernah berkecil hati. Ia bangga dengan apa yang sudah dicapainya.

"Setiap pemain bermimpi memainkan pertandingan terpenting dalam karier mereka. Tidak ada pertandingan yang lebih penting bagi pesepak bola selain pertandingan Piala Dunia, bermain untuk negara mereka," jelasnya.

Mascherano sempat unjuk gigi di Rusia empat tahun lalu. Timnya gagal mengatasi Prancis di perdelapan final. Setelah turnamen tersebut, Mascherano memutuskan pensiun. Tepatnya pada 2020 silam.

Total ia mengoleksi 147 caps La Albiceleste. Kini ia fokus menekuni dunia kepelatihan. Sosok yang juga pernah berkostum Liverpool berstatus pelatih timnas Argentina U-20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement